Mohon tunggu...
Ichwanul Farissa
Ichwanul Farissa Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sparkling And Fighting Spirit

*Kemampuan Menulis itu Anugerah, Keinginan Membaca itu Rahmat*

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mempelajari Grammar Bukan Tidak Penting, tapi...

30 Juli 2021   22:15 Diperbarui: 30 Juli 2021   22:58 122 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mempelajari Grammar Bukan Tidak Penting, tapi...
Ilustrasi foto: blog.ling-go.net

Banyak yang bilang sih, mempelajari bahasa Inggris tidak hanya cukup berkutat dengan struktur kalimat dan membaca saja, tetapi juga harus paham how to communicate in english!

Setujukah anda dengan anggapan tersebut ?

"Mempelajari percakapan bahasa Inggris (english conversation) justru lebih penting daripada hanya mempelajari struktur bahasa (language structure/grammar) dan kemampuan membaca (reading) jika ingin terjun langsung ke negara yang menggunakan english sebagai bahasa pengantar", begitu kata mereka teman-temanku.

"Why?" tanyaku.

"Because when we are there, communication becomes important. Ingin menanyakan sesuatu kepada orang lain pun tidak merasa kaku karena sudah terbiasa. Orang yang diajak bicara pun akan paham dengan pertanyaan dan obrolan kita." Answer my friends.

Sepertinya benar juga sih kata teman-teman saya di atas, bukan berarti mempelajari structure atau grammar itu tidak penting, Cuma kalau dipikir-pikir, mempelajari fungsi bahasa Inggris sebagai alat komunikasi akan lebih penting ketimbang mempelajari bahasa Inggris dari struktur bahasanya sendiri.

Bukankah esensi dari sebuah percakapan adalah bahwa pesan yang kita sampaikan diterima dengan utuh dan benar oleh lawan bicara?

Saya akhirnya bisa dibilang yakin, meskipun grammar yang kita gunakan salah, lawan bicara kita akan tetap memahami ucapan kita selama kosakata yang kita gunakan benar.

Meski demikian, seperti yang telah saya katakan, bahwa bukan berarti mempelajari structure atau grammar itu tidak penting, karena tentu akan lebih baik jika mempelajari structure atau grammar dasar seperti present tense, past tense dan future tense agar tidak membingungkan lawan bicara dengan konsep waktu yang keliru atau salah.

Kemudian,  ada statement juga dari teman-teman yang menyatakan; orang yang mendapatkan nilai sempurna dalam tes tertulis bahasa Inggris, belum tentu bisa menjamin orang tersebut fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN