Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Inilah Barisan Drummer Band Rock Favorit Saya, Kamu?

19 Juni 2021   11:23 Diperbarui: 19 Juni 2021   11:42 164 20 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Barisan Drummer Band Rock Favorit Saya, Kamu?
Jimmy Chamberlin - Ilustrasi: deviantart/pinterest

Drummer merupakan personil yang paling penting dalam sebuah band.  Ya, sebagai pemegang tampuk kekuasaan rhythm section bersama bass, drum memberi melodi, dinamika, dan ritme.  

Seorang drummer berperan meletakkan fondasi, memberi denyut nadi, dan alur dalam sebuah lagu.  Drummer dengan senang hati mempersilakan pemegang alat musik lainnya untuk berekspresi secara kreatif dan akan menutupi kesalahan yang dibuat oleh personil lain.  

Bebunyian drum kerap digunakan sebagai pertanda transisi dalam sebuah lagu dari verse ke chorus. Sebuah band bisa saja tidak memiliki seorang drummer dan tetap menghasilkan bebunyian yang luar biasa namun untuk musik rock, drum merupakan tulang punggung.

Rock memiliki banyak subgenre dengan peran drummer sebagai lead atau pendukung. Pada aliran jazz rock, drummer ada sebagai lead sedangkan di band stoner,  drummer menjadi pendukung dan sedikit mengalah kepada gitaris dan bassist yang lebih mendominasi.

Untuk band-band heavy metal, drummer menjadi fitur utama, tak ayal banyak drummer yang menjadi populer ketika mereka berada di dalamnya. Secara umum, drummer band rock memiliki kesempatan besar untuk berkilau.

Di dunia ini banyak sekali drummer band rock yang telah memperoleh pengakuan secara komersial atas ketukan dan keterampilannya.  Berkat kepawaiannya, mereka pun dapat mengumpulkan pundi-pundi penghasilan yang menakjubkan.  Chad Smith (RHCP, Chicken Foot), Joey Kramer (Aerosmith), Roger Taylor (Queen),  Don Henley (Eagles, Bee Gees), Charlie Watts (Rolling Stones), Phil Collins (Genesis), Dave Ghrol (Nirvana), Larry Mullen (U2), Lars Ulrich (Metallica), dan Ringgo Starr (The Beatles) adalah 10 nama yang tercatat menjadi drummer terkaya di dunia.

Sepuluh nama besar di atas sudah tak asing lagi dalam kancah permusik rock-an dunia, namun demikian saya memiliki beberapa nama drummer favorit yang membuat denyut sel-sel kelabu dan nadi menyatu membentuk sesuatu yang tak bisa dijabarkan dengan kata-kata ketika mendengarkan permainan mereka.

Lupakan dulu John Bonham, Ian Paice, Neil Peart, Keith Moon, Mitch Mitcell, Bill Bruford, dan Steward Copeland karena mereka terlalu jadul untuk saya yang masih unyu-unyu ini, halah.

Lha kalau begitu, siapa saja mereka?

1.  Jimmy Chamberlin.  

Pertemuan pertama kuping saya dengannya adalah ketika ia menjadi drummer Smashing Pumpkins. Pria yang kini berusia 57 tahun ini adalah salah satu drummer berpengaruh tahun 90-an.  Ia memiliki banyak referensi genre musik yang mumpuni, dari latin, jazz, sampai fusion dan ia tuangkan dalam nomor-nomor cetar band asal Chicago itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x