Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Dua Resep Olahan Jengkol dengan Cita Rasa Mengharukan

25 Januari 2021   19:49 Diperbarui: 27 Januari 2021   13:04 1234 59 41 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dua Resep Olahan Jengkol dengan Cita Rasa Mengharukan
Dokumen Pribadi

"Demikian agar kelak tidak timbul keadaan, di mana warga Indonesia beramai-ramai beralih mengonsumsi jengkol, melupakan semur daging."tulis Mas Budi Susilo dalam artikelnya yang berjudul "Misteri Gedung Veteriner dan Harga Daging."

Apa yang Mas Bud tulis mungkin bisa terjadi bila tak ada solusi terkait pengadaan daging sapi dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal inilah yang dapat menjadikan olahan semur daging sapi mendadak sontak berubah menjadi ksatria baja hitam semur jengkol.

Jengkol atau jering Superman Is Dead termasuk buah yang berada dalam suku polong-polongan dengan nama latin Archidendron pauciflorum.Asia Tenggara menjadi lokasi tempat tumbuhnya tanaman yang buahnya beraroma aduhai ini.

Selain Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Myanmar merupakan negara-negara yang sebagian masyarakatnya hobi memakan buah berkeping dua ini.

Dulu saat masih imut-imut nyebelin, saya belum pernah sekalipun makan jengkol. Aromanya itu loh yang bikin muntab, bau naga pun seketika akan menguar kemana-mana bila tak segera disiasati.

Namun seiring dengan makin bertambahnya usia, saya pun membangun persahabatan dengan buah beraroma khas ini. Ya, asal tahu cara mengolahnya maka aroma jengkol pun bisa diminimalisir sedemikian rupa.

Dalam kehidupan selalu ada baik-buruk, begitu pun dengan jengkol. Selain enak dikonsumsi, jengkol memiliki sisi positif sekaligus negatif untuk kesehatan.

Jengkol memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, terpenoid, dan alkaloid yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan metabolik lainnya.

Buah yang harganya kerap naik turun secara tiba-tiba ini dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Namun di antara kebaikannya jengkol diam-diam dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti keracunan, gangguan ginjal, dan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam jengkolat yang terdapat pada jengkol.

Untuk menghindari efek buruk mengkonsumsi jengkol hendaknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Selain itu setelah menikmati jengkol yang semriwing, minumlah air putih sebanyak-banyaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN