Mohon tunggu...
Ika sedyaning utami
Ika sedyaning utami Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang ibu yang terus menjadi pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional #CGP

26 November 2022   20:25 Diperbarui: 26 November 2022   20:49 9014
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Refleksi 2 mingguan modul 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

Kali ini saya membuat refleksi menggunakan model 4F/4P; facts, feelings, findings, future /peristiwa, perasaan, pembelajaran, penerapan)

 FACT (PERISTIWA)

 Pada tahap ini saya belajar modul 2.2 pembelajaran social emosional.Pada modul 2.2 ini ada tahap yang menarik bagi saya, yaitu tahap belajar mengenai beragamnya emosi  dan bagaimana cara mengambil Tindakan yang tepat  untuk menindaklanjuti emosi yang kita rasakan dimana Tindakan tersebut tidak merugikan bagi diri kita maupun orang disekitar kita  . 

Pembelajaran social emosional ini perlu dikuasai oleh seluruh warga sekolah baik Kepala Sekolah guru maupun peserta didik. Sebelum belajar modul pembelajaran ini saya cenderung langsung bertindak setiap menghadapi masalah di sekolah maupun di rumah yang seringkali saya merasa menyesal telah bereaksi seperti itu Setelah belajar modul ini paling tidak saya selalu melaksanakan Teknik STOP Ketika menghadapi masalah. 

Saya pun akan berusaha bersikap mindfulness terlebih dahulu . ini saya lakukan agar keputusan Tindakan yang saya ambil tidak merugikan baik saya maupun orang lain

 FEELINGS (PERASAAN)

Saya merasa bersyukur sekali sudah sampai tahap ini dimana dari semua modul yang telah saya pelajari di program guru penggerak ini , modul 2.2 inilah yang paling banyak mempengaruhi mental saya. Saya dan murid saya menjadi semakin baik dalam berperilaku di sekolah . Rasa saling menghormati juga meningkat saya rasakan. Tentu dengan perubahan perubahan ini ada rasa senang dan bangga.

FINDINGS( PEMBELAJARAN)

 Pada modul 2.2. ini saya belajar bahwa pembelajaran social emosional mutlak diperlukan pada proses pembelajaran agar siswa lebih nyaman  , bahagia dan merdeka dalam belajarnya.Hasil  Pembelajaran PSE ini dirancang untuk menciptakan kondisi wellbeing di lingkungan sekolah. PSE mempengaruhi Nilai dan peran guru juga serta mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.

FUTURE ( PENERAPAN)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun