Refleksi 2 mingguan modul 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
Kali ini saya membuat refleksi menggunakan model 4F/4P; facts, feelings, findings, future /peristiwa, perasaan, pembelajaran, penerapan)
 FACT (PERISTIWA)
 Pada tahap ini saya belajar modul 2.2 pembelajaran social emosional.Pada modul 2.2 ini ada tahap yang menarik bagi saya, yaitu tahap belajar mengenai beragamnya emosi  dan bagaimana cara mengambil Tindakan yang tepat  untuk menindaklanjuti emosi yang kita rasakan dimana Tindakan tersebut tidak merugikan bagi diri kita maupun orang disekitar kita  .Â
Pembelajaran social emosional ini perlu dikuasai oleh seluruh warga sekolah baik Kepala Sekolah guru maupun peserta didik. Sebelum belajar modul pembelajaran ini saya cenderung langsung bertindak setiap menghadapi masalah di sekolah maupun di rumah yang seringkali saya merasa menyesal telah bereaksi seperti itu Setelah belajar modul ini paling tidak saya selalu melaksanakan Teknik STOP Ketika menghadapi masalah.Â
Saya pun akan berusaha bersikap mindfulness terlebih dahulu . ini saya lakukan agar keputusan Tindakan yang saya ambil tidak merugikan baik saya maupun orang lain
 FEELINGS (PERASAAN)
Saya merasa bersyukur sekali sudah sampai tahap ini dimana dari semua modul yang telah saya pelajari di program guru penggerak ini , modul 2.2 inilah yang paling banyak mempengaruhi mental saya. Saya dan murid saya menjadi semakin baik dalam berperilaku di sekolah . Rasa saling menghormati juga meningkat saya rasakan. Tentu dengan perubahan perubahan ini ada rasa senang dan bangga.
FINDINGS( PEMBELAJARAN)
 Pada modul 2.2. ini saya belajar bahwa pembelajaran social emosional mutlak diperlukan pada proses pembelajaran agar siswa lebih nyaman  , bahagia dan merdeka dalam belajarnya.Hasil  Pembelajaran PSE ini dirancang untuk menciptakan kondisi wellbeing di lingkungan sekolah. PSE mempengaruhi Nilai dan peran guru juga serta mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.
FUTURE ( PENERAPAN)