Mohon tunggu...
Ika Puspitasari
Ika Puspitasari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger dan konten kreator

Seorang ibu 3 anak yang berwiraswasta di rumah, suka menulis fiksi dan realita

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Buah Nanas yang Perlu Diketahui

23 Juli 2021   15:21 Diperbarui: 4 Agustus 2021   11:21 277 12 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Buah Nanas yang Perlu Diketahui
sumber: dokumen pribadi ika puspita. Nanas Honi 

Belakangan ini, kita banyak membaca dan mendengar berita duka. Tetangga, keluarga, kawan dekat satu persatu harus tumbang karena covid dalam waktu berdekatan. Hingga akhirnya tiba giliran saya dan keluarga. Akhir Juni lalu, akhirnya kami tumbang juga. Suami dan kedua anak saya dinyatakan positif covid. Ketakutan menghantui pikiran saya, namun beberapa kerabat dan sahabat menenangkan saya dan memberi nasihat agar saya tetap tenang. Akhirnya kami sekeluarga isoman di rumah selama 14 hari. 

Banyak masukan dari keluarga dan sahabat mengenai banyak hal terkait bagaimana merawat keluarga yang terpapar covid. Kami masih beruntung karena meski positif covid tapi tidak bergejala berat. Suami dan anak-anak hanya mengalami anosmia saja,  tidak mengalami sesak nafas atau gejala berat lainnya. Alhamdulillah. 

Sebagai seorang istri dan ibu sekaligus orang yang sehat di rumah, saya bertanggung jawab mengatur semua asupan makanan, minuman maupun vitamin yang harus suami dan anak-anak konsumsi setiap harinya. Asupan vitamin C alami dari buah-buahan, sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu saya tak pernah absen menyediakan buah-buahan. Kebetulan suami dan anak-anak menyukai semua jenis buah, namun ada beberapa yang menjadi favorit mereka.  Jambu crystal, nanas, pisang, apel, pir adalah buah-buahan yang menjadi favorit di rumah saya. 


Rajin Konsumsi Buah untuk Daya Tahan Tubuh

Selama masa isoman kemarin, buah yang paling sering direquest suami dan anak-anak adalah buah nanas honi. Mereka suka karena rasanya yang manis dan segar. Buahnya juga tebal, enak dimakan langsung sebagai cemilan ataupun saat dinikmati sebagai campuran es buah. Aaah, jadi ingat bulan ramadhan yang lalu, hampir setiap hari kami membuat es buah dari nanas sebagai hidangan pembuka puasa. 

Terlepas dari mitos tentang buah nanas seperti yang menyebutkan bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran bagi wanita hamil, nanas bisa menyebabkan keputihan bagi perempuan, nanas bisa menyebabkan batuk dan sebagainya, buah nanas ternyata kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan

Nanas merupakan salah satu buah yang rendah kalori namun memiliki nutrisi yang berlimpah, mengandung  vitamin C, mangan, tembaga, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan vitamin A.  Selain itu, kandungan flavonoid dan asam fenolik yang terdapat di dalam buah nanas berfungsi sebagai antioksidan. 

sumber: dokumen pribadi ika puspita
sumber: dokumen pribadi ika puspita

Lalu, apa saja manfaat buah nanas bagi kesehatan? Nah, berikut ini diantaranya :

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh
    Buah nanas ternyata bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Buah bersisik ini  mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim, seperti bromelain yang dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.
  • Meringankan Gejala Arthritis
    Radang sendi atau artritis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi, sehingga menyebabkan sendi menjadi kaku. Nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang  dianggap dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi.
  • Mengurangi Risiko Kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini karena manfaat buah nanas dapat meminimalkan senyawa oksidatif dan mengurangi peradangan. 
  • Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi
    Kandungan Bromelain yang terdapat di dalam buah nanas diyakini mampu mempercepat pemulihan kerusakan yang disebabkan oleh olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak. 
  • Menjadi Menu Diet
    Nanas memiliki rasa asam manis yang segar sehingga cocok digunakan sebagai tambahan makanan. Harga nanas juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di pasar.

Diantara bergabagi jenis nanas yang terdapat di pasaran, saya paling sering membeli nanas honi karena semua anggota keluarga saya menyukainya. Dagingnya yang tebal, rasanya yang asam manis segar serta manfaatnya bagi kesehatan membuat saya enggan berpindah ke lain hati eh ke jenis nanas lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x