Mohon tunggu...
Ika Pudji Hartanti
Ika Pudji Hartanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang Guru

Nama : Ika Pudji Hartanti seorang Guru atau tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Babalan Kab. langkat Sumatera Utara..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.4.A.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu Ke-8

15 Desember 2021   10:48 Diperbarui: 15 Desember 2021   10:49 3139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 8

Oleh : IKA PUDJI HARTANTI, S. Pd

CGP Angkatan 4 dari SMP NEGERI 1 BABALAN Kec. Babalan Kab. LANGKAT   SUMATERA UTARA

Langkat, 15 Desember  2021

Jurnal Refleksi Mingguan -- Minggu 8 ( Model  4 F )

Pada refleksi minggu ke-8 saya memilih model refleksi 4F, yaitu model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan uraian sebagai berikut :

Facts (Peristiwa)

 

Di minggu ini kami sudah masuk di modul 1.4 Budaya Positif, di awali dengan 1.4.a.3 Mulai dari diri. Banyak hal baru yang saya pelajari dari modul 1.4 tentang budaya positif ini, saya mengetahui konsep tentang disiplin positif, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan Segitiga Restitusi. Materinya sangat banyak dan terkadang sulit untuk fokus karena ada beberapa materi yang menurut saya sama, namun setelah saya baca berulang -- ulang dengan konsentrasi penuh ternyata berbeda dan ada keterkaitan antar materi satu dengan materi lainnya.

Feelings (Perasaan)

Perasaan saya sangat senang, bertambah ilmu dan pengetahuan baru dan semakin membuka waawasan saya untuk menjadi guru yang lebih baik karena ilmu dan pengetahuan ini baru saya dapatkan di sini di Pendidikan Guru Penggerak. Ada beberapa disiplin positif yang sudah mulai saya jalankan di kelas yang sesuai dengan konsep budaya positif meskipun belum maksimal menerapkan disiplin positif tersebut yang berpihak pada murid. Yakni disiplin positif yang saya terapkan masih sebatas untuk menjalankan peraturan agar terlepas dari sanksi hukum atau sekedar mendapatkan penghargaan. Padahal yang seharusnya disiplin positif adalah untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan mrnghargai diri sendiri dengan nilai -- nilai yang mereka percaya. Selain senang perasaan saya saat mengerjakan modul 1.4.a.4 Eksplorasi Konsep Budaya Positif saya merasa sedikit kewalahan antara membagi waktu antara mengajar di sekolah, mengurus keluarga dan membuka LMS, karena saya merasa saat saya mengerjakan mosul 1.4.a.4 itu saya membutuhkan konsentrasi penuh untuk membaac dan menelaah studi kasus yang di berikan. Di minggu ini juga kami melakukan sesi Ruang Kolaborasi Kerja Kelompok 70 B modul 1.4.a.5. bersama Ibu Rima Susiana sebagai fasilitator dan bersama rekan -- rekan CGP lain yang satu kelompok pada hari Jumat tanggal 10 desember di lanjutkan Ruang Kolaborasi Presentasi dan Diskusi modul 1.4.a.5.1 pada hari Sabtu tanggal 11 Desember 2021 dan ini semakin menambah wawasan dan ilmu untuk saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun