Mohon tunggu...
ika nurjannah
ika nurjannah Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

saya pecinta kucing, hoby menonton film, membaca dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelaksanaan PKM Teknik Mesin Unesa untuk UKM Bebek Songkem Madura

6 Desember 2022   11:15 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:31 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen memiliki kewajiban dalam mengemban dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi, salah satu poin Tri Dharma adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Salah satu Tim PKM dari Jurusan Teknik Mesin yang diketuai oleh Ika Nurjannah, S.Pd., M.T dan beranggotakan 3 dosen diantaranya Aris Ansori, S.Pd., M.T, Tri Hartutuk Ningsih, S.T., M.T, dan Heru Arizal, S.Pd., M.M., M.Pd. telah melaksanakan kegiatan PKM Kebijakan Fakultas yang berjudul: “Pelatihan Managemen Keuangan dan Mesin Penggilingan Bumbu Otomatis Untuk Meningkatkan Produktivitas Industri UKM Bebek Songkem Bangkalan Madura”. Pelaksanaan PKM ini ditujukan pada  UKM bebek Songkem di desa Langkap Tebanah 13 Burneh bangkalan Madura pada hari Sabtu, 24 September 2022.

Usaha kuliner bebek songkem yang digeluti Abdul Cholik berdiri sejak tahun 2012 dan memiliki 4 karyawan dengan kapasitas produksi 50-100 ekor/hari dan disuplay ke ± 10 warung bebek songkem yang berlokasi di Bangkalan Madura.

Adapun Tujuan pelaksanaan program PKM ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dari UKM Bebek Songkem, serta memperbaiki pengelolaan manajemen produksi UKM Bebek Songkem menjadi lebih baik.

Pelaksanaan PKM ini didasari akibat adanya beberapa Permasalahan mitra, diantaranya yaitu: 

1. Rendahnya kualitas dan kuantitas proses penghalusan bumbu karena Proses penghalusan bumbu menggunakan blender sederhana.

Kekurangan Penggunaan blender sederhana membutuhkan Beberapa kali proses penggilingan, kapasitas terbatas, waktu lama, Biaya produksi mahal, bumbu tidak merata. Jika Permintaaan meningkat, bumbu digilingkan ke tempat penggilingan bumbu (antri, mahal)

2. Lemah dalam manajemen keuangan (tidak pernah ada pembukuan arus keuangan UKM)

sehingga Solusi yg diberikan oleh tim PKM dengan cara:

1. Memberikan mesin penggiling bumbu otomatis untuk memperbaiki manajemen produksi dan disertai dengan pelatihan penggunaan mesin.

2. memberikan pelatihan singkat terkait  aplikasi keuangan “buku kas”

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun