Mohon tunggu...
Rodhiyah Nur I.
Rodhiyah Nur I. Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Malang

Masih belajar mendengar.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ayah Bunda, Lihatlah Gambarku!

1 Desember 2020   22:47 Diperbarui: 1 Desember 2020   22:50 61 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayah Bunda, Lihatlah Gambarku!
viva.co.id

I dream of painting then i paint my dream. -Vincent Van Gogh

Aku memasuki sebuah rumah dengan berbagai macam karya terpajang rapi di dinding. Karya tersebut sangat menakjubkan, dibuat dari tangan-tangan mungil yang jujur menuangkan apa yang ada dalam hati dan pikirannya. Selembar kertas putih yang tak berarti diubahnya menjadi kertas warna yang penuh makna.

Menyimpan, membingkai, memajang, atau merubahnya menjadi barang yang dapat dipakai merupakan bentuk apresiasi untuk seorang anak. Apresiasi tersebut menjadi cara yang ampuh untuk menciptakan memori berharga dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

Sudjojono, bapak seni rupa Indonesia mengatakan bahwa menggambar adalah suatu karya seni yang tidak hanya tiruan, tetapi di dalamnya juga terdapat interpretasi manusia yang menggambarnya.

Interpretasi manusia yang tertuang dalam gambar bisa diwujudkan menjadi ekspresi dan harapan anak terhadap sesuatu, seperti kisah Chef Renata, seseorang yang sudah tidak asing bagi pecinta Masterchef Indonesia. 

Ya, Chef Renata adalah salah satu juri di Masterchef Indonesia. Ia menggemparkan dunia maya dengan karyanya yang luar biasa menakjubkan. Dalam hal ini bukan perihal makanan, namun perihal lukisannya di masa kecil. Lukisan masa kecil yang begitu indah telah berhasil ia wujudkan pada dunia nyata.

Chef Renata sama seperti anak-anak pada umumnya yang suka berimajinasi melalui gambar. Pada masa kecilnya, ia menggambar rumah impian berwarna cokelat dan sekarang ia berhasil mewujudkan mimpinya dengan membangun rumah yang sama persis seperti lukisan yang pernah digambarnya pada waktu kecil.

Coretan penuh warna yang digambar pada masa kecil akhirnya menjadi kenyataan. Ya, secara tidak sadar di dalam coretan-coretan seorang anak terdapat sebuah mimpi yang bisa menjadi tujuan anak dimasa depan. Begitu menakjubkannya jika semua mimpi yang berawal dari imajinasi anak bisa benar-benar terwujud.

Maka dari itu penting bagi kita untuk memperhatikan kegiatan anak-anak. Walaupun terlihat kotor, remeh, dan tidak berharga untuk kita. Tetapi bisa jadi apresiasi kecil yang kita lakukan akan membekas dalam diri anak dan menciptakan arti yang berharga untuk hidupnya hingga dewasa nanti. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x