Mohon tunggu...
Iin Vita
Iin Vita Mohon Tunggu... -

my name is vita..Medical school Academy→Work: Midwife at Hospital.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

PMS Wajar tapi Juga Harus Dikendalikan

7 Januari 2013   03:13 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:25 2397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita main tebak-tebak an ya, kalian tau PMS itu apa? PMS = Penyakit Menular Seksual..OMG its NO..Memang dalam ilmu kedokteran PMS bisa juga artinya Penyakit Menular Seksual..tp disini yang ingin saya jelaskan adalah PMS yang Prementruasi Syndrome. Bagi orang yang tidak tau mungkin PMS itu dikira suatu penyakit atau tahu tentang PMS ini tapi cuma sekilas karena cuma tahu dari mulut kemulut..Karena saya adalah lulusan D3 kebidanan jadi saya pernah belajar tentang PMS semoga penjelasan saya nantinya dapat membantu dan meningkatkan pengetahuan para ladies tentang PMS Premenstruasi Syndrome itu sendiri. Tapi sebelum saya mulai menjelaskan, Saya akan menceritakan pengalaman saya ketika mengalami PMS, aduh malu menceritakan nya tapi buat share pengalaman gpp kali ya haha Saya bekerja di sebuah Rumah Sakit sebagai bidan, hari itu memang waktu nya saya datang bulan dan saya tahu kalau saya datang bulan pasti banyak dan saya mengantisipasinya dengan memakai pembalut dua lapis. Siang itu pasien datang untuk melahirkan, haduh jangan aku deh yang tugas membantu melahirkan pikirku ya karena aku sedang Menstruasi aku jadi ga mood, udah sakit pinggang gini apalgi kalau pasien mau melahirkan observasi nya lama dan harus teliti dalam meliahat setiap pembukaan, tapi apa mau dikata akhirnya aku yang harus mengerjakan nya. Memang sih Menstruasi adalah hal mutlak yang mesti dirasakan wanita dan juga melahirkan tentunya, tapi biarpun tiap bulan terbiasa merasakan nya tapi tetap saja sakit nya seperti pertama kali merasakan menstruasi. Saat itu jadi ingat sumpah bidan tidak boleh memilih pasien apapun untuk dikerjakan dengan alasan apapun. Saya observasi memeriksa nadi, tekanan darah pasien dll yang biasa dilakukan dalam pemeriksaan. Padahal keringat dingin, udah sesak nafas, sakit pinggang juga tapi kerjaan tetap kerjaan dan itu semua harus dilakukan. Kejadian lucu nya disini keluarga pasien yang ngeliat aku pucat merasa kasian dan menyuruhku istirahat. Haha malu juga ya petugas kesehatan yang seharusnya merawat pasien ternyata bisa sakit juga. Karena masih ada waktu pembukaan pasien waktu itu masih 3 jadi jarak melahirkan masih lama, dan observasi masih dilakukan 1 jam sekali. Jarak yang lama ini saya manfaatkan untuk istirahat dan memulihkan tubuh saya, dengan mengambil air hangat yang diisi kebotol air minum dan diletakkan di perut saya hal ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri nya, setelah itu saya makan dan minum air teh hangat untuk member tenaga. Akhirnya saya pulih lagi dan bisa menyelesaikan pekerjaan saya. Itu pengalaman saya dan saat nya saya menjelaskan PMS Premenstruasi Syndrom, tapi jangan bosan yah karena penjelasan nya cukup panjang haha..

1358330390599687879
1358330390599687879
Premenstrual Syndrome: PMS is a disorder characterized by a set of hormonal changes that trigger disruptive symptoms in a significant number of women for up to two weeks prior to menstruation. Characteristically symptoms may be both physical and emotional. They may include physical symptoms as headache, migraine, fluid retention, fatigue, constipation, painful joints, backache, abdominal cramping, heart palpitations and weight gain. Itu penjelasan singkat PMS dalam bahasa Inggris, baiklah saya juga akan menjelaskan dalam bahasa Indonesia, dengan bahasa yang akan lebih mudah dimengerti banyak orang. >Pengertian sindrom Pra-Menstruasi (PMS) Sindrom pra-menstruasi ditandai gejala emosional dan fisik yang konsisten terjadi selama fase luteal pada siklus Sindrom premenstruasi (PMS) adalah sekelompok gejala fisik maupun tingkah laku yang timbul pada pertengahan siklus menstruasi, dan disusul dengan periode tanpa gejala (Mary, 2006). Sindrom pra-menstruasi mempengaruhi dysmenorrhea pada sebagian besar wanita usia produktif, pra menstruasi ini mempengaruhi mood seseorang menstruasi. Sakit yang dialami setiap wanita berbeda-beda ada yang terasa seperti sakit perut biasa, ada yang sangat kesakitan bisa sampai pingsan. Wanita dengan prementruasi sindrom mengalami berbagai variasi gejala fisik dan psikis 2 hingga 14 hari sebelum siklus menstruasi. Gejala-gejala premenstruasi sindrom menghilang setelah datangnya menstruasi. Diperkirakan sekitar 75% wanita mengalami premenstruasi sindrom, dan 20-50% diantaranya ditengarai mengganggu aktivitas sehari-hari. Sekitar 3-5% yang mengalami episode "tidak berdaya" (referensi lain menyebutkan 10% mengalami gangguan berat). >Penyebab Pra-Menstruasi (PMS) Tidaklah jelas hal ini salah satu nya disebabkan perubahan hormonal dari diri seseorang. secara ilmiah dijelaskan penyebabnyaantara lain karena 1.Rendahnya progesterone 2. Tertahannya cairan Banyak wanita merasa kembung beberapa hari sebelum menstruasi ini karena tubuh mengeluarkan cairan lebih sedikit perharinya sebelum menstruasi. Tertahannya cairan dalam otak diyakini menyebabkan perubahan suasana hati, tertahannya cairan dalam payudara menyebabkan nyeri payudara dan tertahannya cairan dalam saluran percernaan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan. 3. Kekurangan vitamin Vitamin B6 memiliki banyak fungsi dalam tubuh salah satunya adalah pembentukan hormon yang penting untuk fungsi otak. Jadi, ketika vitamin B6 tidak memadai, beberapa hormon untuk otak juga tidak mencukupi. 4. Tingkat glukosa rendah Sebagian besar wanita memiliki tingkat glukosa lebih rendah dalam darah mereka sebelum menstruasi dimulai tingkat glukosa kembali normal setelah menstruasi. 5) Alergi hormon Menjelang periode menstruasi, tingkat progesteron meningkat. Banyak wanita diyakini alergi terhadap progesteron. 6) Tingkat prolaktin lebih tinggi Prolaktin adalah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitary. Hormon ini merangsang perkembangan pertumbuhan payudara. gejala Pra-Menstruasi (PMS), Tanda dan gejala premenstruasi sindrom (Cokmoki, 2007) Tanda-tanda fisik: > Payudara melunak (kadang sakit) >Perut mengembang, kembung > Badan terasa berat > Kaki dan sendi terasa lunglai > Sakit kepala, dapat juga migraine, dll Penanganan mengatasi Premenstruasi antara lain: Olahraga dan aktivitas fisik secara teratur, Makan makanan bergizi (sayuran, makanan yang mengandung asam lemak esensial linoleat), menghindari konsumsi makanan tinggi gula, tinggi garam, minuman alkohol, kopi, minuman bersoda, konsumsi vitamin B kompleks (vitamin B6), vitamin E, kalsium, magnesium dan omega 6, istirahat cukup, menghindari dan mengatasi stres (dengan pijat, relaksasi, curhat pada teman, menulis), mengurangi atau menghindari rokok, menjaga berat badan, mencatat siklus haid dan mengenali gejala PMS. 1. Anjuran makanan yang sebaiknya dikonsumsi :
  • Mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, idealnya 2 liter atau 8 gelas per hari.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi dan sereal.
  • Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti soya dan buncis.
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak seperti minyak ikan dan kacang-kacangan.
  • Mengkonsumsi Vitamin B kompleks yang dapat membantu menjaga tubuh dari tekanan stres.

Penjelasan diatas adalah penjelasan untuk para wanita yang sedang Premenstruasi semoga dapat membantu dalam menghilangkan sakit ketika datang bulan. Sekarang saya akan memberikan saran kepada para pria dalam mengatasi perubahan hormonal atau mood dari diri pasangan wanita nya ketika mengalami PMS. Hal ini saya sampaikan untuk mengurangi pertengkaran terhadap pasangan masing" dikarenakan ketidak tahuan ketika wanita PMS cenderung menjadi mudah marah, mudah menangis bahkan menjadi manja ke pasangan nya. 1. Mengertilah dan pahamilah ketika pasangan anda sedang Menstruasi, cobalah untuk tidak   dekat dengan nya sementara waktu ketika dia sedang marah, lebih baik lagi tidak mencari masalah dengan pasangan mu karena hanya akan membuat pertengkaran . 2. Perhatikan dia, dengan perhatian anda ini dapat membuat dia nyaman dan mengurangi rasa sakit yang dirasakannya. 3. Memberikan bantuan kepada nya, bantuan disini adalah berikan nasihat kepadanya bilang jangan jadikan alas an PMS untuk marah tidak jelas. Dahulu saya meminum jamu beras kencur, jahe dan jamu lain nya untuk mengatasi sakit perut yang biasa saya alami ketika PMS dan hal itu cukup ribet sekali untuk dilakukan. Sekarang kalian tidak perlu lagi meminum jamu karena sekarang sudah ada VitaFem.

13583300721443077124
13583300721443077124
1.Apasih VitaFem itu? Vitafem Free Me adalah produk khusus untuk wanita untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan PMS dan menstruasi. Produk Vitafem Free Me adalah solusi herbal modern untuk mengatasi Nyeri dan Keluhan Menstruasi (PMS=Premenstrual Syndrome). 2.Kenapa sih saya meminum dan menganjurkan kalian menggunakan VitaFem juga baru-baru ini Dexa Medica juga telah meluncurkan salah satu produk aternatif mengatasi nyeri haid yang di beri brand “Vitafem Free Me”, yang merupakan produk hasil penelitian DLBS(Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences) yang diindikasikan untuk mengatasi gangguan nyeri haid. Aku juga baru tahu gara-gara ikut internship di Dexa Medica Group, hehe. Vitafem Free Me berbentuk kapsul mengandung fraksi bioaktif DLBS1442 yang berasal dari Phaleria macrocarpa (mahkota dewa) setelah melalui proses riset dengan teknologi Biomolecular yang didukung TCEBS. Apa itu TCEBS? Nah loh, bingung kan? TCEBS (Tandem Chemistry Expression Bioassay System) merupakan suatu metodologi pemilihan kandidat obat secara sistematik sehingga dapat menemukan calon produk yang paling aktif dan berpotensi berdasarkan ekspresi gen dan teknik protein array. Produk ini juga sudah melalui uji toksisitas pada hewan dan uji klinis pada manusia, sehingga keamanan dan khasiatnya terjamin. Vitafem Free Me tidak hanya mengatasi masalah menstruasi saja seperti nyeri/kram perut saat menstruasi, mual/muntah, pusing, lemas, dsb. Tetapi juga bisa mengatasi masalah PMS seperti terjadinya perubahan mood, nafsu makan meningkat, uring-uringan, unhappy feelings, dsb. Vitafem Free Me aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Gimana Cara minumnya?

1-2 kapsul 2x sehari, lanjutkan pemakaian hingga nyeri mereda. Digunakan selama 3 hari sebelum hingga 3 hari masa menstruasi, karena kapsul jadi mudah diminum, untuk hasil yang maksimal Vitafem Free Me dapat diminum H-3 sampai dengan H ke-3 menstruasi4. Saya tidak memaksa kalian untuk meminum VitaFem, tetapi saya cuma menganjurkan karena saya sudah merasakan hasil nya dengan meminum VitaFem nyeri haid berkurang. Saya cuma mau  berbagi dan berharap itu bermanfaat bagi yang lain. Minum VitaFem nyeri haid hilang hatipun senang. Sumber: buku Ilmu kebidanan dan kandungan, Wikipedia bahasa Indonesia, http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1949639-atasi-bsindrom-pramenstruasi-dengan-makanan/#ixzz1W9aoMXUH,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun