Mohon tunggu...
iin nuraeni
iin nuraeni Mohon Tunggu... Guru - seorang ibu yang menyukai anak-anak, suka menulis, dan ingin terus belajar.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif

21 Oktober 2023   22:20 Diperbarui: 21 Oktober 2023   22:42 850
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF 

Saya Iin Nuraeni, calon guru penggerak angkatan 9

Fasilitator : Ibu Yhanik Prihatini

Pengajar Praktik: Bapak Abdul Rokhman

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan jurnal refleksi dwimingguan modul 1.4, saya menggunakan model 4F / 4P yaitu Facts/Peristiwa, Feelings / Perasaan, Findings / Pembelajaran, Future / Penerapan. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Peristiwa (Facts)

Kegiatan modul 1.4 ini dimulai pada tanggal 29 September 2023 yaitu Mulai dari diri, di sini saya diminta membuat catatan dan pertanyaan tentang kasus atau persoalan yang diberikan dalam LMS. Pada tanggal 30 September 2023 materi masuk pada eksplorasi konsep. Kegiatan ini dilakukan secara mandiri. Materinya sangat banyak yaitu disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal, Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Keyakinan Kelas, Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas, Restitusi, Lima Posisi Kontrol, Restitusi - Segitiga Restitusi. Pada tanggal 3-5 Oktober 2023 masuk pada kegiatan eksplorasi konsep pada forum diskusi. Dan di sini CGP memahami konsep budaya positif dan saling berdiskusi dengan CGP lain..Pada tanggal 6-9 Oktober 2023 bersama fasilitator di ruang kola Vicon Sesi 1. 

Fasilitator membimbing dan mendampingi kami untuk diskusi dalam kelompok kecil. Saling memberi masukan dan penguatan serta saling menanggapi.kelas kami yakni kelas 160A dan 160 B bergabung menjadi satu, yang terdiri dari 10 calon guru penggerak, dan dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing 3 peserta dan satu kelompok terdiri dari 4 peserta Saya berada pada kelompok 1 bersama Pak Ade dari SMPN 3 bangil, Ibu Erly dari SMAN I Gondangwetan, masalah yang dibahas adalah 4 kasus masalah murid di sekolah. Kami menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan kasus yang terjadi yang dihubungkan dengan materi dalam budaya positif. Pada tanggal 7 Oktober 2023, kegiatan kolaborasi ruang diskusi ruang -- Vicon Sesi 2 dengan agenda presentasi hasil tugas kelompok. 

Di sini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kemudian kelompok lain menanggapi dan memberikan masukan terhadap tugas kelompok lainnya. Setelah presentasi tugas kelompok semakin sempurna untuk diunggah ke LMS pada sesi unggah tugas ruang kolaborasi. Selanjutnya pada tanggal 16-19 Oktober 2023 jadwal untuk Demonstrasi Kontekstual, yang saya lakukan disini, saya diminta mempraktikkan segitiga restitusi untuk masalah atau kasus yang dilakukan murid di sekolah. praktiknya saya diminta membuat skenario singkat dan memerankan kasus tersebut bersama siswa. Saat itu saya merestitusi siswa yang terlambat hadir ke sekolah, dan saya menyelesaikan kasus itu dengan segitiga restitusi. 

Pada tanggal 12-13 Oktober 2023 kegiatan Elaborasi pemahaman bersama instruktur Yosua Adhipta Nala Yudhistira di google meeting. Instruktur menjelaskan secara jelas materi budaya positif sehingga materi itu makin dipahami oleh CGP. Setelah itu saya sebagai CGP diminta menjelaskan hubungan budaya positif dengan materi 1.1, 1.2.dan 1.3 pada sesi Koneksi Antar Materi. Saya membuat koneksi antar materi ini dalam bentuk narasi dan saya upload ke blog saya di kompasiana, maupun google drive. Link dari blog tersebut saya kirim ke LMS, selain itu kami juga diminta untuk membuat rancangan tindakan aksi nyata dengan format yang telah disediakan dan dikumpulkan juga di LMS. Selanjutnya kegiatan terakhir dari modul 1.4 ini adalah aksi nyata. CGP diberi waktu hingga bulan 30 Oktober 2023.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun