Mohon tunggu...
Iin endang Sulastri
Iin endang Sulastri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

melukis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Bauran Pemasaran 4P Pada PT Victoria Care Indonesia

18 Desember 2023   00:57 Diperbarui: 18 Desember 2023   01:08 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : Iin Endang Sulastri

Bauran pemasaran merupakan konsep yang digunakan dalam manajemen pemasaran untuk menggambarkan elemen-elemen yang digunakan perusahaan dalam rangka memasarkan dan mempromosikan produknya kepada konsumen. Peranan bauran pemasaran sangat penting bagi suatu perusahaan, khususnya dalam meningkatkan volume penjualan. Bauran pemasaran merupakan strategi yang efektif untuk mendorong strategi pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan. Elemen-elemen bauran pemasaran yang diterapkan PT Victoria Care dalam meningkatkan penjualan:

Produk adalah sebuah barang yang ditawarkan oleh perusahaan  kepada konsumen untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginannya. Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan dipasar agar diperhatikan, dimiliki, atau dikonsumsi sehingga memenuhi kebutuhan konsumen (Sudaryono 2016, dalam Rofi'i). PT Victoria Care terus berupaya untuk memahami serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Upaya ini tercermin melalui serangkaian inovasi yang terencana, terutama dalam segmen perawatan kulit dan kosmetik. Hal ini nampak dari peluncuran produk-produk terbaru seperti Herborist Juice For Skin, Nuface Cover Me Sun Sheild, dan produk lainnya yang diluncurkan belum lama ini.

Harga (Price)                                                                                                                                                                                                                                         

Harga merupakan jumlah uang yang digunakan sebagai sarana pertukaran untuk mendapatkan produk atau layanan. PT Victoria Care  memproduksi berbagai jenis produk yang menyasar kepada semua kalangan dengan harga produk yang terjangkau.                     

Tempat Distribusi (Place)                                                                                                                                                                                                            

 Tempat distribusi adalah lokasi dimana perusahaan beroperasional. Kantor pusat PT Victoria Care terletak di Semarang, berlokasi di Kawasan Industri Candi, blok 5A no. 8, di wilayah Gatot Subroto-Ngaliyan, Semarang. Kantor ini menjadi bagian dari atraksi wisata Semarang dengan nama Oemah Herborist. Selain itu, PT Victoria Care memiliki beberapa cabang anatara lain di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Bali.                                                                                                                                                                                               

Promosi (Promotion)                                                                                                                                                                                                              

Promosi diartikan sebagai prinsip dasar dalam strategi pemasaran yang mewajibkan perusahaan untuk memberika insentif terhadap calon konsumen mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Insentif tersebut bisa berupa diskon harha, penyampaian informasi produk dengan cara yang menarik, atau pemberian sampel produk secara gratis.  PT Victoria Care Indonesia malakukan promosi dengan cara sebagai berikut:                                                                                                                                             

Iklan (Advertising)                                                                                                                                                                                                                                 

Iklan merupakan bentuk presentasi data tidak melalui kontak personal mengenai produk, merek, entitas perusagaan, atau             toko yang disampaikan dengan biaya tertentu. Iklan biasanya berupa Iklan Media Cetak, Iklan Televisi, Iklan Outdoor, dan lain     sebagainya.PT Victoria Care Indonesia sendiri melakukan promosi produk menggunakan Iklan Televisi dengan melibatkan             artis dan influencer sebagai model iklannya, yaitu Prilly Latuconsina sebagai model iklan yang membawakan produk                          Herborist Minyak Zaitun, kemudian Natasha Wilona sebagai model iklan yang mengiklankan produk Parfume Victoria Body          

 Sens.                                                                                                                                                                                                                                                      

  2. Pemasaran Digital (Digital marketing)                                                                                                                                                                                             Pemasaran digital adalah suatu metode atau usaha untuk mengedarkan atau mempopulerkan suatu produk melalui berbagai         macam platform media digital. Ini bisa termasuk situs web, serta media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan                   Twitter.PT Victoria Care Indonesia melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook (herborisnaturecare), Twitter          (@herborist_id), dan juga melalui Website. Bukan hanya menggunakan media sosial perusahaan PT Victoria Care juga                       melibatkan artis sebagai Brand Ambassador untuk mempromosikan produk melalui media sosial. Herborist menggunakan              Syifa Hadju sebagai Brand Ambassador.  Dengan latar belakang Syifa Hadju sebagai Public Figure sangat berpengaruh                        terhadap pengenalan produk ke konsumen. Syifa Hadju memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Tiktok sebagai              media untuk mengenalkan Herborist, dengan membuat konten yang diupload di media sosial tersebut bisa menarik minat               dan rasa penasaran konsumen terhadap produk tersebut.                                                                                                                                         

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun