Pandemi covid 19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga kini di beberapa wilayah dengan masa berbeda, terhitung terdapat sekitar 193 negara telah berjuang melawan serangan Covid yang tidak pandang bulu. Wuhan adalah salah satu kota di China sebagai tempat domisili penderita covid yang pertama kali ditemukan sebelum virus ini berstatus pandemi. Berita dan informasi pergerakan penyebaran virus tersebut telah mewarnai berbagai laman media karena jalur sebarannya kian hari semakin massif. Setiap negara yang telah lebih dulu diserang covid 19 menjadi model bagi negara lain dalam melakukan suatu tindakan preventif penyebaran covid 19, meskipun terdapat perbedaan tatanan politik, sosial, budaya, ekonomi dan pendidikan pada setiap negara tersebut. Pemerintah Indonesia telah banyak mengeluarkan kebijakan terkait pencegahan penyebaran Covid 19 yang berdampak pada kondisi internal dan eksternal wilayah pemerintahan Indoneisa. Salah satu keputusan pemerintah yang memberi dampak luas adalah kebijakan pada segmen pendidikan, baik pada komponen praktisi maupun pada komponen regulative dan lingkungan. Dampak ini saling bersinggungan antar segmen dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara.
Corona virus ini tentu sangat berdampak juga pada kegiatan pembelajaran baik disekolah maupun di wilayah kampus. Adanya pandemi covid 19 ini menimbulkan beberapa dampak yang terjadi pada kegiatan pembelajaran, diantaranya: 1) sekolah dialihkan ke rumah melalui proses pembelajaran daring, 2) terjadi transformasi media pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan Whatsaap Group, Zoom, Google Classroom, WebEx, Youtube, dan saluran TV (TVRI). Â 3) penyesuaian evaluasi pembelajaran untuk penentuan standar kenaikan kelas dan kelulusan; dan 4) tuntutan kolaborasi orangtua peserta didik di rumah sebagai pengganti guru mengontrol pembelajaran anak (Mansyur, 2020), 5) Peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran; dan 6) Peningkatan kemandirian belajar siswa (Firman, 2020). Pembelajaran online pun menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dipilih dimana pembelajaran dilakukan secara daring dengan perantara jaringan internet. Sebagaimana yang dinyatakan Hanum pembelajaran online atau e-learning adalah salah satu bentuk model pembelajaran melalui dunia maya yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (Hanum, 2013).
Setiap guru dalam mengajar, pastinya berharap agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dalam setiap kali proses pembelajaran dilakukan, ketercapaian suatu tujuan pembelajaran, ditandai dengan segala kompetensi baik dari segi ranah kognitif, afektif dan psikomotor yang menjadi tujuan pembelajaran telah terindikasi dalam diri setiap siswa atau peserta didik. Membuat siswa fokus dalam mengikuti pembelajaran bukanlah hal yang mudah, namun bukan pula sesuatu yang sukar untuk dilakukan, semua tergantung bagaimana seorang guru dalam mendesain perencanaan pembelajaran dan melaksanaan kegiatan pembelajaran yang efektif dengan tidak mengabaikan karakteristik setiap peserta didik/siswa. Pada saat pembelajaran secara daring melalui Google meet atau media yang dapat menunjang pembelajaran lainnya tetap membuat siswa susah terfokus atau bahakan mengalihkan perhatiannya pada hal lain karena penyampaian guru membosankan saat menjelaskan materi pembelajaran, oleh karena itu guru perlu tau pentingnya penerapan power point interaktif yang menarik bagi para siswa.
Power Point yang digunakan adalah pola Stand Alone. Menurut Daryanto, pola Stand Alone adalah pola penyajian Microsoft Office Powerpoint yang dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif (Sugiyono, 2016). Powerpoint Stand Alonen merupakan salah satu media yang digunakan untuk mempersentasekan atau menjelaskan sesuatu yang dirangkum dan dikemas ke dalam beberapa slide yang menarik (Nasution, 2020). Â Pemanfaatan media pembelajaran sangat penting untuk mendukung penyampaian materi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media power point interaktif.
Sumber:
http://iainkendari.ac.id/content/detail/dinamika_pembelajaran_daring_pada_masa_pandemi_covid
https://www.rijal09.com/2020/06/Cara-Menarik-Perhatian-Siswa-Saat-Mengajar.html
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/download/3135/pdf_41
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI