Mohon tunggu...
Nur Rahayu Igfirliyana
Nur Rahayu Igfirliyana Mohon Tunggu... Mahasiswa

High hopes for better days☀

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Pencemaran Air terhadap Makhluk Hidup

13 Juni 2021   16:05 Diperbarui: 13 Juni 2021   16:07 120 2 0 Mohon Tunggu...

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari bagi mahluk hidup di dunia ini. Bukan hanya manusia, melainkan hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air dan sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Bagi manusia, air banyak berfungsi dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk kebutuhan rumah tangga seperti minum, masak, mandi, mencuci dan sebagainya. 

Sementara itu air juga berguna untuk keperluan umum seperti untuk kebersihan jalan dan pasar, lalu dalam bidang industry air juga berperan untuk pabrik dan bangunan pembangkit listrik. Dan masih banyak lagi kegiatan manusia yang membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya bagi manusia, untuk hewan air juga menjadi kebutuhan pokok. Air menjadi salah satu tempat kehidupan bagi hewan seperti ikan, gurita, kura-kura dan banyak lagi. Sementara itu, bagi tumbuhan, air merupakan aspek terpenting dalam kehidupannya. Karena air berfungsi sebagai bahan baku untuk tumbuhan dalam proses fotosinsesis, dan juga berfungsi untuk menjaga tanaman agar tumbuhan tetap lembab dan tidak layu.

Namun yang jadi permasalahan saat ini adalah air sudah banyak yang tercemar sehingga tidak layak untuk dimanfaatkan oleh mahluk hidup. Dilansir dari suara.com, Pencemaran air adalah kondisi menurunnya kualitas air yang disebabkan oleh masuknya komponen asing berupa unsur, energi, atau zat lain ke dalam air akibat aktivitas manusia. Air yang tercemar ditandai dengan adanya perubahan warna, rasa, bau hingga kualitas air itu sendiri. Banyak factor yang menjadi penyebab tercemarnya air, yaitu :

  • Pencemaran limbah rumah tangga, limbah yang dihasilkan dari aktivitas perumahan, pasar, rumah makan, sekolah dan lainnya
  • Pencemaran limbah industri, merupakan salah satu factor terbesar yang menjadi akibat tercemarnya air. Banyak pabrik yang langsung membuang sampah hasil industru langsung ke perairan, tanpa diolah terlebih dahulu dan yang pasti adalah limbah dari hasil industri sangatlah berbahaya karena banyak mengandung zat kimia berbahaya.
  • Pencemaran akibat perternakan dan perikanan, limbah yang dihasilkan berupa kotoran ternak
  • Pencemaran limbah pertanian, berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman
  • Pencemaran akibat sampah, yaitu akibat dari masyarakat yang masih sering membuang asmpah sembarangan ke sungai yang menyebabkan pencemaran air

Salah satu kasus pencemaran air yaitu pencemaran Kali Cilemahabang di Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pencemaran di kali tersebut membuat aktivitas warga terganggu, bukan hanya aktivitas saja namun juga mempengaruhi kesehatan warga sekitar. Warga banyak mengeluhkan karena banyak yang merasa gatal-gatal, dan gangguan pernafasan akibat bau yang menyengat. 

Kondisi air kali yang mengeluarkan bau menyengat dan tidak sedap serta warna nya yang berubah menghitam adalah bentuk pencemaran air yang terjadi. Warga mengakui hal tersebut sudah terjadi cukup lama, dan diakibatkan oleh limbah pabrik dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Warga juga sudah melakukan aksi demo kepada pemeritah daerah sebagai bentuk kekecewaannya. Warga sekitar berharap pemerintah segera dapat mengatasi masalah pencemaran air ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x