Mohon tunggu...
Iqbal Iftikar
Iqbal Iftikar Mohon Tunggu... Penulis Wannabe

Nothing was never anywhere

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Mengenal Pembagian Administratif Kanada

4 Juni 2018   10:11 Diperbarui: 5 Juli 2018   11:33 1262 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Pembagian Administratif Kanada
Peta Kanada di kartu pos US-5319341/postcrossing.com

Salah satu tema kartu pos yang saya favoritkan adalah tema geografi, terutama peta dan bendera. Oleh karena itu, ketika saya menerima kartu pos bergambar peta Kanada ini, saya sangat senang sekali. Sayangnya, kartu ini tidak dikirim dari Kanada  melainkan dari negara tetangganya, Amerika Serikat.

Tidak masalah darimana kartu ini dikirimkan, yang penting kartu ini menjadi bahan cerita saya kali ini: pembagian administratif Kanada!

Sisa Kolonialisasi Inggris dan Prancis

Setelah Inggris mengakui kekalahannya di Perang Revolusi Amerika tahun 1784, area di timur Sungai Mississippi dan selatan Great Lakes (Danau Superior, Michigan, Huron, Ontario dan Erie) diserahkan kepada pihak Amerika. Adapun dataran Kanada, yang berada di utara Great Lakes masih diduduki oleh Inggris dan Perancis.

Kekalahan di Amerika menjadi salah satu faktor keruntuhan Imperium Britania Kedua (Second British Empire) dan menjadi langkah awal Inggris menuju abad penjajahan (Imperial Century). Sebagai salah satu strategi untuk menguasai dunia, Inggris menjadikan 3 negara dudukannya: Kanada, Australia dan Selandia Baru, sebagai negara merdeka.

Pada 1 Juli 1867, Konfederasi Kanada pun terbentuk dari empat provinsi: Ontario, Quebec, Nova Scotia dan New Brunswick. Keempat negara ini terletak di pesisir timur Amerika dan berfungsi sebagai pelabuhan bagi tentara Inggris yang berlayar di Atlantik.

Semenjak tanggal tersebut, Kanada mulai berekspansi ke barat dan mengembangkan daerahnya dengan mendirikan 10 provinsi dan 3 teritori sampai saat ini. Perbedaan antara provinsi dan teritori, seperti tertuang dalam konstitusi 1867, adalah bahwa provinsi berhak atas kekuatan dan otoritas terhadap daerahnya sedangkan teritori dikontrol langsung oleh parlemen.

Pada konstitusi baru Kanada, provinsi diperlakukan bagai negara merdeka dalam negara federasi dan memperoleh otonomi khusus. Sedangkan teritori dikontrol langsung oleh pemerintah federal.

Perkembangan Provinsi dan Teritori

Sebagaimana dijelaskan di atas, Kanada terbentuk pertama kali dari empat provinsi yang terletak di utara Great Lakes dan pesisir timur Amerika. Daerah lain di barat masih dikuasai oleh Inggris. Tiga tahun kemudian, 1870, Perusahaan Hudson's Bay yang menguasai daerah di barat Konfederasi Koloni Kanada menyerahkan Rupert's Land dan Northwest Teritories ke pemerintah Inggris yang langsung menyerahkannya ke Konfederasi.

Sejak saat itulah Northwest Teritories terbentuk sebagai teritori pertama Kanada. Teritori ini terdiri dari Rupert's Land (kini provinsi Manitoba, Saskatchewan dan Alberta serta sebagian Ontario) dan North-West Teritories (juga termasuk daerah teritori Nunavut dan Yukon yang terbentuk kemudian).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN