Mohon tunggu...
Ifa Wasiatun Hikmah
Ifa Wasiatun Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa_Ekonomi/Akuntansi_Universitas Negeri Semarang Salah satu mahasiswa di Semarang yang suka dengan membaca, menulis, dan tertarik dengan desain. Semakin dekat follow ig @ifawhikmah, akun wattpad @iffawazz

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Atasi Overthinking, Jangan Lupa Self-Healing

7 Mei 2022   19:10 Diperbarui: 11 Mei 2022   16:45 208 7 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Overthinking | istockphoto

Pernah nggak sih kamu memikirkan sesuatu terus menerus secara berlebihan? Jika pernah, kamu termasuk orang yang suka overthinking. Sadar maupun tidak, sebagian besar orang memikirkan suatu hal secara berlebihan yang tidak diketahui kepastiannya apakah akan terjadi atau tidak ke depannya. 

Kegiatan overthinking tersebut ternyata berdampak bahaya bagi kesehatan, loh. Dilansir dari alodokter.com, selain berdampak pada kesehatan mental, overthinking juga berpengaruh pada kesehatan fisik. Tentunya hal tersebut tidak pernah diharapkan oleh semua orang, termasuk kamu. Lalu, bagaimana cara mengatasi overthinking?

Mengenal Overthinking

Sebelum membahas cara mengatasi overthinking alangkah baiknya kita mengenal apa itu overthinking dan dampak dari overthinking. Overthinking adalah suatu keadaan dimana seseorang memikirkan sesuatu secara terus-menerus dan berlebihan. 

Banyak yang menganggap sikap ini diartikan sebagai sikap berhati-hati sebelum mengambil keputusan. Namun, terlalu sering berfikir berlebihan juga dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Dimana seseorang memikirkan hal-hal yang belum pasti dan kemungkinan tidak terjadi. 

Dampak Overthinking 

Kondisi ini mungkin bisa dikatakan wajar dialami seseorang bahkan memiliki sedikit sisi positif. Dengan memikirkan sesuatu hal secara mendalam, kamu jadi bisa mengantisipasi dan membuat solusi untuk hal-hal yang mungkin terjadi. Namun, overthinking juga lebih banyak sisi negatifnya bahkan berbahaya bagi kesehatan mental. 

Dimana kondisi tersebut memicu seseorang untuk berfikir negatif terus-menerus, sehingga waktu, tenaga, dan pikiran terbuang sia-sia untuk memikirkan hal tersebut. 

Tindakan pun terhambat karena terlalu banyak memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Hal tersebut juga dapat membuat orang takut untuk bertindak maju. Jika kondisi ini berkelanjutan, maka bisa juga memicu stres atau kecemasan yang dapat mengganggu kesehatan mental. 

Dilansir dari radarmalang.jawapos.com, dampak buruk yang dapat terjadi ketika overthinking yaitu: 1) Menghambat aktivitas sehari-hari, 2) menurunkan performa kerja, 3) Membuat emosi jadi tidak terkontrol, 4) Mengalami gangguan kesehatan mental.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan