Mohon tunggu...
Ifathya Farah Azhari
Ifathya Farah Azhari Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - @ifathyafa

"Talk less, do more"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bercermin pada Makna "Habis Gelap Terbitlah Terang"

13 Februari 2020   13:10 Diperbarui: 17 Juni 2021   08:18 4204 31 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bercermin pada Makna "Habis Gelap Terbitlah Terang"
Bercermin pada Makna "Habis Gelap Terbitlah Terang". | Kompas

Sudah kita ketahui siapa tokoh dibalik kata "habis gelap terbitlah terang" yaitu pahlawan wanita Indonesia Raden Ajeng Kartini, dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat. Ia lahir di Jepara, Jawa tengah pada tanggal 21 April 1879. Kartini merupakan keturunan ningrat. Hal ini dapat dilihat dari silsilah keluarganya dan adat istiadat yang begitu melekat padanya.

Baca juga: Perjuangan Kartini dan Filosofi Sepatu Bertiang

Kalimat "habis gelap terbitlah terang" inilah yang selalu dibicarakan dan terkenal di kalangan masyarakat hingga kini. Makna dari penggalan kalimat itu adalah ketika kita merasakan masa masa sulit, maka di kemudian hari pasti kita akan merasakan kebahagiaan. Seperti pada perjuangan Kartini di masa muda yang sabar akan masa pingitan yang ia jalani.

Namun dimasa sulit itu Kartini tidak hanya berdiam diri/merenunginya, ia melakukan hal hal yang dapat memperluas wawasannya seperti membaca buku dan bahkan selalu berkirim surat dengan temannya di Belanda. Dan perjuangannya yang selalu diingat hingga sekarang yaitu membangkitkan pandangan atas kaum wanita yang di anggap lemah. Dari perjuangannya ini Indonesia pun ikut harus atas keberhasilannya.

Baca juga: Memaknai Semangat Kartini dalam Literasi

Dari pernyataan diatas tentang R.A Kartini ini semoga saya, kamu dan kita semua dapat bercermin atas perjuangan dari makna "habis gelap terbitlah terang" ini. Ketika kita sedang berada dimasa yang sulit, jangan hanya kita rasakan apalagi mengeluh dan tidak bersyukur pada Allah SWT. Tapi di situ kita harus tetap tegar, terus maju dan selalu usaha agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga: Selain Kartini, Berikut Tokoh Perempuan Nasional Daerah

Khususnya bagi saya, sekarang ini waktunya untuk mengakhiri perjuangan di masa SMA karena beberapa waktu lagi akan menghadapi UN, disini saya sudah berusaha dan saya yakin semua itu tidak akan sia sia dan akan mencapai kesuksesan aamiin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan