Ifa Nafila Azizah
 BAB I Â
PENDAHULUAN
Â
      Travelling menjadi salah satu hobi di kalangan semua generasi dan tren travelling sedang banyak digemari khususnya generasi millenials. Dengan berbagai keunikan, pengalaman, lokasi yang indah, baju yang bagus akan menjadi daya tarik bagi para traveller, khusnya bagi yang aktif dalam mengunggah kegiatannya di sosial media. Data traveller berdasarkan Kementrian Pariwisata, Indonesia pada Januari-Oktober 2017 menunjukkan jumlah mencapai 252.569.465  (marketeers.com, 2017)
Â
      Namun kebutuhan saat travelling akan pakaian yang terkadang menjadi permasalahan apabila beban koper traveller hanya dipenuhi oleh baju dan hal ini menjadi masalah selain beban dan cucian yang banyak, kapasitas koper menjadi berkurang. Permasalahan yang terjadi saat travelling khususnya pada musim panas dimana traveller yang aktif berpindah tempat dan berkeringat sehingga membutuhkan baju dengan bahan yang dapat menyerap air maka untuk kenyamanan traveller disarankan menggunakan bahan baju yang ringan dan simple seperti casual outfit saat berjalan di luar ruangan.
Â
Baju yang dikenakan traveller yang berpergian aktif di outdoor saat cuaca cerah memiliki ciri- ciri yaitu menyerap keringat, berbahan katun, tidak terlalu tebal, berwarna cerah, mudah kering, dan mudah dibersihkan saat terkena noda. Berdasarkan kriteria baju tersebut, kami mendapatkan gambaran terkait baju travelling yang diinginkan.
Â
Maka kami menawarkan Vtements 5 in 1 Transformable Clothes, yaitu baju dengan 1 bahan untuk berbagai macam gaya dan jenis (sepeti atasan dan bawahan) yang dapat dipadupadankan dan dikreasikan dengan outfit lain. Baju ini ditujukkan untuk penggemar travelling dan tidak memiliki banyak space di koper/tas namun tetap ingin terlihat fashionable.
 Â
Â
Â
Â
Â
BAB II
Â
BUSINESS MODEL CANVAS
Â
Â
Â
2.1. Customer Segments
Â
Dari segmentasi geografis, Vtements 5 in 1 Transformable Clothes digunakan di wilayah hangat, terutama jika ingin berpergian di daerah tropis atau wilayah dengan iklim tropis/ musim summer. Vtements membidik segmen wanita muda usia 17-30 tahunan dengan gaya hidup senang berpergian/ travelling dengan karakteristik aktif dan sering berpindah -- pindah tempat dengan kelas menengah. Dari manfaat, segmen yang dituju yaitu kualitas bahan yang dapat menyerap keringat dan cepat kering, nyaman digunakan dan tidak memberatkan pengguna. Pasar kami yaitu wilayah perkotaan besar mengingat banyaknya turis yang aktif menjelajah ruang terbuka dan Vtements ini cocok digunakan ketika berpergian. Maka produk Vtements menyasar niece market.
 Â
2.2. Value of Proposition
Â
      Nilai yang ditawarkan yaitu easy-to-use, travelable, dan stylish. Â
Â
Easy-to-use yaitu model kasual yang kami tawarkan mudah dipadupadankan dengan basic dan mudah untuk dibentuk/ digaya sesuai keinginan traveller . Travellable karena baju ini nyaman untuk berpergian dalam waktu lama dan ringan di koper. karena bahan yang kami tawarkan terbuat dari cotton supima, yaitu cotton yang ringan dengan permukaan halus, dengan ciri bahan yang tidak mudah kusut, serat yang tidak mudah keluar, dan daya serap keringat yang baik. Supima berasal dari kata superior yang berarti unggul dan dibuat dari pohon pima. Stylish dengan 5 model dari 1 baju dimana dengan kemampuan dimodifikasi menjadi rok, outer, blouse, shawl, dan cardigan.
Â
Manfaat yang didapat customer yaitu meringankan tas ketika travelling dan tetap modis meskipun berpergian dengan baju minim sehingga dengan menggunakan Vtements, kami juga menawarkan solusi permasalahan travelling seperti banyaknya baju bawaan dan cucian yang menupuk dapat diminimalisir. Kami menawarkan kebaharuan dalam desain baju dengan desain baju yang unik namun tetap simple dan casual ketika dipakai.
Â
2.3. Channels
Â
      Kami menjual Vtements secara offline dan online. Kami akan memulai penjualan pada bazaar small event yaitu Ladies Day di Cilandak Town Sqaure setiap rabu dan mengikuti pameran baju seperi UI Fashion Week.
Â
      Untuk memudahkan purchasing, penjualan online dilakukan pada media sosial dan marketplace utama yaitu Instagram, LINE@, Carousell, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Elevenia. Untuk saluran distribusi, kami berencana menawarkan untuk menjadi supplier fashion retail yaitu berrybenka, zalora, dan pomelo dengan perjanjian distribution reseller bagi keuntungan maupun kami akan menawarkan private label kepada Berrybenka untuk dijadikan salah satu labelnya, yaitu Something Borrowed dan berencana memasok pada Departement Store dan Retailer yaitu Matahari dan Metro. Vtements akan didaftarkan pada google business dengan SEO baju travelling sehingga ketika calon pelanggan ingin mencari busana travelling maka Vtements muncul di top search lengkap dengan alamat dan nomor telepon bisnis dan pembeli dapat menuliskan review dan testimonial di google review.
Â
Pada tahap awal promosi, untuk meningkatkan awareness terhadap Vtements, kami akan menjual kepada rekan dengan hobi travelling dengan potongan harga 10%. Untuk tahap evaluation kami akan menargetkan endorse baju kepada traveller seperti Her Journey Anggey untuk menggunakan dan mengulas baju kami. Jika pembeli ingin baju sampai tepat waktu, kami menawarkan layanan Same Day Courier dan bekerja sama dengan gojek dan grab serta menggunakan kurir pengantar lain yaitu JNE, J&T, Wahana, SICepat, dan NinjaXpress.
Â
      Kami memberikan layanan purna jual berupa penukaran baju dalam waktu 2 hari jika ketika pembeli menemukan kerusakan maupun cacat produk dan jika pembeli berubah pikiran dan ingin menukarkan warna.
Â
Â
Â
2.4. Customer Relationship
Â
      Supaya pembeli dapat menjadi pelanggan, kami menawarkan voucher 25% belanja produk kami pada hari kartini dan international woman days pada 50 pembeli pertama, yang akan kami kirim melalui email. Untuk customer relationship management, kami meminta pembeli mengisi data untuk sepeti nama, tanggal kelahiran, nomor telepon, domisili, sosial media, email ketika membeli untuk menjadi data dan promosi terkait inovasi baru dalam model, bahan, dan warna, potongan harga, dan bundling price.
Â
      Kami melayani customer dengan personal assistance melalui Whatsapp, LINE@, LINE untuk pertanyaan, keluhan, testimonial, serta saran pengembangan dan perbaikan. Untuk LINE @, akan kami set automation answer sehingga ketika pengunjung menulis "harga" maka pada saat itu juga akan muncul dan ketika dimasukkan keyword "produk" akan kami tampilkan varian dan deskripsinya.
 Â
2.5. Revenue Stream
Â
      Revenue stream dapat dari penjualan dari distributor, online, bazar. Kami menetapkan fix price yaitu 299.000/ pcs baju dan dynamic price ketika pembeli membeli lebih dari 5 baju, kami kenakan potongan 10.000 pada pembelian ke-6 dan bundling price jika membeli 2 maka baju ke-3 discount 15%.
 Â
2.6. Key Activities
Â
      Kami akan membuat baju dengan 1 model berwarna broken white, ash grey, soft blue, dan soft pink. Proses pembuatan dimulai dengan mencari vendor katun supima dan aksesoris seperti kancing di daerah Tangerang dan mencari penjahit konveksi yang melayani produksi massal. Setelah itu kami mencari vendor custom label di baju dengan bahan satin damask, vendor price tag, vendor yang menerima custom packaging berupa plastik dan goodie bag, serta mencari percetakan untuk kartu nama dan kartu untuk pembelian. Pengiriman akan dilakukan dengan kurir yang menjemput barang ke rumah/ kurir ojek online
 Â
2.7. Key Resources
Â
SD Produksi
Â
- Katun supima
Â
- Benang katun
Â
- Aksesories (kancing, zipper)
 Â
SDM
Â
- Pembantu Packaging & Pengiriman
Â
Packaging
Â
- Plastik
Â
- Kartu nama dan pembelian
Â
- Goodie Bag
 Â
2.8. Key Partner
Â
- Konveksi/ Tukang Jahit
Â
- Supplier Kain dan Benang
Â
- Vendor Label dan Pricetag
Â
- Vendor Plastik dan Goodie Bag
Â
- Vendor Percetakan Kartu Nama dan Kartu Pembelian
Â
- Agen Pengiriman
Â
- Public Figure Endorsement
 Â
2.9. Cost Structure
Â
Initial Investment: Modal Sendiri=Â Rp. 23.000.000
Â
Marketing Cost
Â
- Biaya Pameran Bazar: Rp. 5.000.000
- Biaya Endorsement: Rp. 1.000.000
- Biaya Gift Baju Endorsement: Rp. 299.900
- Biaya Promosi: Rp. 2.500.000
Â
SDM Cost
Â
- Gaji Pembantu Packaging dan Pengantar: 700.000
Â
Production Cost
Â
- Katun Supima: Rp. 69.000/roll/m = 103.500 x 100 baju (Asumsi 1 baju 1,5m)= Rp. 10.350.000
- Benang Jahit Katun (Asumsi 1 benang untuk 5 baju): Rp. 950/ 100 yard x 20= Rp. 19.000
- Aksesories Kancing: Rp.500/10pcs = 500 x 10= Rp. 5000
- Zipper YKK 6 inch (15,2cm): Rp.1000/pcs x 100= Rp.100.000
- Label Tag Satin Damask: 550.000/1200pcs
- Price Tag: Rp.600/pcs= Rp. 600.000
- Ongkos Kirim= Rp.100.000
Â
Packaging Cost
Â
- Plastik pembungkus: 200/pcs x 100 = Rp. 20.000
- Goodie Bag: Rp. 10.000/pcs= Rp. 1000.000
- 22243900
- Kartu nama dan Kartu pembelian: 200.000
Â
Target Profit
Â
- 50.000/pcs
Â
Revenue
Â
- Penjualan pertama 100pcs x 299.000= Rp. 29.900.000
Â
Target Price -- Target Profit = Target Cost to Make a Sale
Â
Rp. 299.000 -- Rp. 50.000= Rp. 249.000
         Â
BAB III
Â
PENUTUP
Â
Â
Â
      Dengan profit Rp.50.000/baju dan pertimbangan return of investment yang cepat dalam bisnis fashion, diharapkan investor akan tertarik untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan usaha dan untuk memberikan brand awareness, dan dalam pengembangan produk bisnis ini akan diikutsertakan dalam lomba bisnis maupun bazar serta pameran fashion disamping penjualan online secara aktif serta dalam jangka panjang akan terbuka untuk berkolaborasi dengan fashion influencer dalam desain, bahan, dan warna seperti Ashfi Qamara.
Â
Â
Â
REFERENSI
Bella, Annisa. "Melihat Tren Wisata Tahun 2017". 28 Desember 2017. Diakses dari http://marketeers.com/melihat-tren-wisatawan-nusantara-tahun-2017/ pada 1 Juni 2018