Mohon tunggu...
Idris
Idris Mohon Tunggu... Guru - Hidup disayang mati dikenang

Sang Penembus Kabut

Selanjutnya

Tutup

Financial

"Easy Way Prima" Solusi Terbaik untuk Lakukan Transaksi

11 Juli 2019   23:51 Diperbarui: 12 Juli 2019   00:09 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jaringan Prima. digtara.com

Di zaman yang sudah semakin canggih dan maju ini, tentu membuat kita semakin mudah untuk melakukan hal apapun. Terutama dalam hal melakukan transaksi permbayaran melalui kartu berlogo atau bertulisan Prima yang memiliki jargon "Easy Way Prima".

PRIMA merupakan jaringan ATM yang sudah beroperasi di Indonesia. Jaringan ATM PRIMA ini dimiliki oleh PT Rintis Sejahtera. 

Dewasa ini, sebelum saya sajikan kecanggihan dan kemudahan kartu ATM Jaringan Prima dalam bertransaksi, sedikit saya ceritakan terlebih dahulu sejarah Jaringan Prima sebelum exsistnya di masa sekarang ini. 

Sebelum ATM Jaringan PRIMA diciptakan, jaringan ini dikenal sebagai ATM BCA yang sebelumnya hanya mengoperasikan ATM dari BCA saja. 

Saat ini, ATM PRIMA adalah salah satu produk dari Jaringan PRIMA yang menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia.

PT Rintis Sejahtera adalah sebuah PT penyedia layanan komunikasi satelit yang dapat mengirimkan informasi digital di seluruh dunia. 

Berdirinya PT Rintis Sejahtera (RINTIS) sejak tahun 1991, perusahaan ini bergerak di bidang pengoperasian sistem komunikasi satelite VSAT.

Pada Agustus 2000, dengan dukungan teknologi canggih VSAT yang terdepan, RINTIS telah dipercaya menjadi penyedia layanan switching dan komunikasi bagi jaringan ATM BCA.

Hingga saat ini PRIMA telah beranggotakan 55 Bank Peserta dari berbagai jenis bank, dengan layanan yang didukung oleh lebih dari 63.664 jaringan ATM dan lebih dari 240.615 jaringan EDC di seluruh Indonesia.

Itulah sedikit ulasan tentang sejarah perkembangan ATM Jaringan Prima yang sekarang menjadi solusi alternatif masyarakat dalam bertransaksi.

Setelah kalian tahu sejarahnya, sekarang saya kembali ke pokok pembahasan saya tentang hebatnya satu kata Prima yang nyempil hampir di semua Kartu ATM dari berbagai Bank di seluruh Indoneisa. 

Jaringan Prima ini digagas untuk menjadi sebuah solusi masyarakat dengan menyajikan kemudahan bertransaksi secara non tunai saat berpergian. 

Awalnya, saya amat heran kenapa kata Prima selalu nyempil hamper di semua kartu ATM. Sehingga membuat saya bingung dan memutuskan untuk mencari tahu tentang keunggulannya kata tersebut. 

Ternyata, setelah selang beberapa hari,  saya baru tahu jika kata Prima yang nyempil pada kartu ATM tersebut adalah suatu Jaringan layanan magic yang telah bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia untuk memberikan kemudahan para nasabah bank dalam melakukan transaksi pada semua mesin ATM yang berlogo Prima tanpa harus mencari mesin ATM yang sesuai dengan bank tertentu.

Ingin tahu mitra bank apa saja yang telah berkolaborasi? Monggo kepoin! 

Kelebihan dari ATM yang berjaringan Prima ialah kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi ATM di seluruh wilayah Indonesia, macam-macannya seperti, tarik tunai, transfer dana antar bank diproses secara real time online telus selama 24 jam tanpa offline, terhubung dengan kurang lebih dari 80 Bank yang ada di seluruh Indonesia, memiliki lebih dari 120.000 jaringan ATM yang telah terkoneksi dengan internet banking, mobile banking dan channel digital lainnya, serta adanya keefektifan dan keefisiensian waktu bagi para nasabah mitra bank ATM PRIMA.

Selain itu, jaringan PRIMA juga sudah memiliki 5 Fitur Layanan. Seperti PRIMA ATM,  PRIMA Debit, PRIMA Payment Solution, Transaksi Internasional, dan Top Up Uang Elektronik. 

Untuk fitur layanan Prima ATM sendiri mampu memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank. Baik dalam hal transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer dana antar bank di seluruh mesin ATM yang berlogo PRIMA. 

Sedangkan fitur layanan Prima Debit, sebuah produk yang selaras dengan kebijakan Bank Indonesia yaitu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yakni program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dan industri sistem pembayaran untuk kemudahan bertransaksi non tunai di seluruh Indonesia. Di mana semua kartu ATM atau debit dapat melakukan transaksi pembayaran di semua mesin EDC.

Untuk kalian yang merasa nasabah bank PRIMA Debit, tentu dapat bertransaksi di mesin EDC bank seluruh Indonesia, tanpa dikenakan biaya oleh merchant, dan tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk kenyamanan dan kemudahan saat berbelanja.

Lanjut pada layanan PRIMA PAYMENT SOLUTION, layanan ini merupakan kemudahan pembayaran online untuk seluruh nasabah mitra bank Jaringan PRIMA melalui channel ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA.

Dan untuk layanan TRANSAKSI INTERNASIONAL, merupakan kemudahan bagi para nasabah mitra bank Jaringan PRIMA saat berada di luar negeri untuk dapat melakukan transaksi tarik tunai dan cek saldo pada jaringan ATM yang berlogo MEPS (Malaysia), ATM Pool (Thailand), dan EXK (Korea Selatan).

Terakhir, layanan TOP UP UANG ELEKTRONIK, digunakan untuk melakukan transaksi isi ulang uang elektronik seperti Flazz.

Itulah lima layanan handal yang tersedia pada Jaringan Prima yang saat ini kita dapat gunakan kepraktisannya. 

Dengan adanya layani magic ini, banyak nasabah bank yang merasakan terbantu dan semua dari mereka telah memberikan apresiasia terhadap layanan tersebut.

Bukan hanya masyarakat umum saja yang bangga terhadap layanan megic ini. Saya pribadi pun semangat berkata senang dengan adanya layanan ini.

Beberapa bulan lalu, saya memiliki pengalaman saat saya awam terkait logo Prima yang menempel pada kartu ATM saya. Saya hanya tahu logo tersebut hanya logo biasa saja tanpa adanya manfaat apa-apa.

Saat itu, saya kehabisan uang cash untuk membayar grab, saya hampir kebingungan dan sedikit panik. Karena saat saya mau tarik tunai untuk membayar grab, tak satu pun mesin ATM terdekat yang sesuai bank kartu ATM saya disana hanya ada mesin ATM, BCA, BNI dan CIMB, dan kebetulan pada saat itu kartu ATM saya kartu ATM bank BRI. Sementara itu saya membiarkan si abang grab untuk lama menunggu di halte tepat dimana saya diturankan, ketika saya mencari mesin ATM yang sesuai dengan bank kartu ATM saya.

Setelah sekitar 15 menit saya tanya sini, tanya sana, ternyata tak ada satu pun layanan mesin ATM BRI terdekat, dan saya sempat pesimis dan seraya melamun. Tak lama selang dari istirahat dalam pencarian, sekitaran dua menit, tiba-tiba seorang tukang ojek pangkalan yang sempat saya tanya memanggil saya. 

Tukang ojek, Dek. ia pak. jawab saya sambil tersedu karena kelelahan. Lalu, tukang ojek bertanya, apakah kartu ATM mu ada logo Primanya? Tercengang saya jawab dengan keras, ada pak! Kemudian saya tanya balik, memangnya kenapa pak? Tukang ojek pun menjawab, sebetulnya jika kartu ATM mu ada logo prima atau tulisan primanya, itu bisa kamu gunakan di semua mesin ATM yang bertulisan Prima. Dan tak perlu harus sesuai dengan mesin ATM bank yang kamu miliki. Pokoknya mesin bank apa apapun itu selama ada tulisan prima kamu bisa melakukan transaksi disitu. serta jangan khawatir biaya transaksinya pun tidak mahal cukup terjangkau. Terlebih hampir semua bank sudah ada layanan Jaringan Primanya. Jelas si tukang ojek.

Setelah selesai berdialog dengan tukang ojek, saya segera bergegas lari ke ATM terdekat, dimana ATM terdekat hanya ada BCA, BNI, dan CIMB tapi tersedia tulisan prima. Setelah tarik tunia say langsung menemui abang grab yang tengah menunggu saya lama hingga 15 menitan. dan akhirnya, setelah saya membayar si abang grab, saya langsung pulang dan merasa bersyukur dengan adanya layanan jaringan prima di setiap bank.

Dari cerita kebodohan dan lucu di atas, kita dapat menyimpulkan betapa bermanfaatnya layanan Jaringan Prima untuk memudahkan kita bertransaksi tanpa harus menghabiskan waktu beberapa jam. 

Dalama hal ini, pada prinsipnya layanan Jaringan Prima merupakan jaringan yang dapat memberikan berbagai kemudahan bagi seluruh nasabah bank peserta yang saat ini setidaknya sudah lebih 80 bank yang bermitra dengan jaringan PRIMA.

Pesan untuk kalian, gunakanlah layanan Jaringan Prima agar hidup kalian lebih Prima.

Pada penjelasan ini, we get the point bahwa jaringan prima mampu menjadi solusi bagi masyarakat dalam transaksi uang elektronik. Hal ini tentu tak terlepas dari visi dan misi PT. RINTIS SEJAHTERA yang ingin memberikan solulisi untuk kemaslahatan bangsa.

Saya akhiri, tetap terus nikmati penggunaan layanan transaksi Jaringan Prima sampai waktu berkata pulang. Dan jangan lupa tetap Prima!

Suber: Jaringan Prima, Website Prima, wikipedia.org

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun