Mohon tunggu...
Isril Doni
Isril Doni Mohon Tunggu... -

edonilab scientific untuk seluruh nusantara

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Alat Laboratorium Sederhana

14 Desember 2015   13:52 Diperbarui: 14 Desember 2015   13:52 344 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alat Laboratorium Sederhana
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Lama tidak aktif di Kompasiana, ternyata sudah banyak yang berubah, disaign yang simple dan fitur-fitur sudah lebih gampang di gunakan. Ok salut buat Kompasiana.

Sekarang saya ingin membahas secara garis besar tentang Alat Laboratorium yang umum dipakai para peneliti atau praktisi di laboratorium, alat laboratoriun sederhana adalah berupa alat laboratirum yang hampir di semua laboratorium menggunakanya.

Secara garis besarnya laboratorium itu dapat dibedakan atas laboratorium dasar dan laboratirum penelitian, setiap aktifitas dan produk dari sain wajib memiliki laboratorium, peralatan harus tersedia untuk menunjang aktifitas di labor. Harga peralatan laboratorium mulai dari puluhan rupiah sampai berharga miliaran rupiah, dari yang sederhana sampai alat yang rumit.

Berikut ini adalah alat alat laboratorium yang sederhana yang wajib ada di dalam laboratorium :

1. Glassware, seperti : Beaker, erlenmeyer, labu ukur, gelas ukur, pipet ukur, pipet, buret, test tube, botol semprot, botol reagent, kaca arloji, dll

2. Peralatan pendukung, seperti : statis, klem buret, air bersih, lemari asam, power supply, meja labor, sikat botol, spatula dll

3. Peratan utama, seperti : Oven, Incubator, Analytical Balance, pHmeter, sieve, waterstill, vortex mixer dd

Pada umumnya peralatan laboratorium sederhana diatas adalah peralatan minimal harus ada di dalam labor. Untuk peralatan yang lebih hi-end bhkan yang lebih rumit sangat tergantung dari jenis laboratoriumnya, misal laboratorium mikrobilogi, labporatorium lingkungan, laboratorium pangan, laboratorium industri.

Untuk postingan yang akan datang saya akan membahan satu satu alat laboratirum tersebut. Semoga bermamfaat dan mencerahkan untuk kita semua di nusantara ini.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x