Mohon tunggu...
Rico YulianaPratama
Rico YulianaPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNTAR

Never give up when you are still able to try again. There's no ending until you stop trying

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Perencanaan Produk Healthy Food Olahan Shirataki Dengan Menggunakan Packaging Ramah Lingkungan

30 Mei 2022   09:00 Diperbarui: 30 Mei 2022   09:10 614
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                                Rico Yuliana Pratama

                                                                                                                          115190294

                                                                                           Gambar.1 (sumber gambar :www.freepik.com)  

Menurut Ulrich (2001) perencanaan produk adalah proses periodik yang mempertimbangkan portofolio dari proyek pengembangan produk untuk dijalankan. Rencana produk mengidentifikasikan portofolio produk-produk yang dikembangkan oleh organisasi dan waktu pengenalannya ke pasar. 

Proses perencanaan mempertimbangkan peluang-peluang pengembangan produk. Peluang-peluang itu diidentifikasi oleh banyak sumber, mencakup usulan bagian pemasaran, penelitian, pelanggan, tim pengembangan produk, dan analisis keunggulan para pesaing. 

Rencana produk secara teratur diperbaharui agar mencerminkan adanya perubahan dalam lingkungan persaingan, teknologi dan informasi keberhasilan produk yang sudah ada.

Rencana produk dikembangkan dengan memprediksi sasaran perusahaan, kemampuan, batasan dan lingkungan persaingan. Organisasi yang tidak berhati-hati dalam merencanakan portofolio suatu proyek pengembangan produk seringkali mengalami hal-hal yang tidak efisien seperti pasar target dibandingkan produk pesaing tidak terpenuhi, perencanaan waktu untuk mengenal produk di pasar tidak tepat, ketidaksesuaian antara kapasitas pengembangan keseluruhan dengan jumlah proyek yang diikuti, distribusi sumber daya kurang baik, permulaan dan pembatalan proyek tidak menguntungkan, dan frekuensi pengaturan proyek berubah. 

Dalam perencanaan pasar ditetapkan jumlah produk yang akan diproduksi, kualitas produk, segmentasi pasar, saluran distribusi, dan menetapkan konsumen yang dituju.

Perencanaan produksi merupakan strategi jangka menengah yang dapat mengoptimalkan implementasi industri. Produktivitas tinggi menjelaskan bahwa kinerja perencanaan produksi berjalan dengan baik. Penentuan jumlah tenaga kerja yang optimal untuk menghasilkan satu unit produk juga harus dipertimbangkan secara ilmiah dan tidak melalui percobaan atau intuisi sebuah industry. 

Selain itu, penentuan jumlah kebutuhan material juga harus direncanakan sesuai dengan jumlah pesanan yang diterima industri. Jika jumlah kebutuhan material teridentifikasi, maka industri dapat dengan mudah menentukan biaya produksi untuk memenuhi permintaan agar bisa selesai tepat waktu sesuai dengan waktu yang dijanjikan

Menurut Kotler & Keller (2009, p.4) produk adalah segala sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, property, organisasi, informasi dan ide. Menurut Tjiptono (2008, p.95) Produk merupakan segala suatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikomsumsi pasar sebagai pemenuh kebutuhan atau keinginanan pasar yang bersangkutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun