Mohon tunggu...
Ican Depa
Ican Depa Mohon Tunggu... ican

Nama Ican, Tinggal di Sebuah desa Timbang jaya DSN III Kec. bahorok kabupaten langkat, profesi saya sementara sebagai mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Pandangan Islam dan Hukum Positif Mengenai Nikah Paksa

14 Agustus 2020   14:32 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:39 65 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandangan Islam dan Hukum Positif Mengenai Nikah Paksa
dok. pribadi

Nama : Ican
Jurusan : al akhwalul syaksiyyah
Fakultas : Syariah dan Hukum
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

NIKAH PAKSA MENURUT PANDANGAN ISLAM

 Dalam kamus besar bahasa Indonesia NIKAH PAKSA itu diartikan sebagai pernikahan yang terjadia karena adanya desakahan ataupun sebuah tekanan. Menikah merupakan suatu kewajiban bagi tiap tiap individu Muslim/muslimah. dalam pernikahan banyak sekali manfaat yang dapat diambil yang salah satunya ialah untuk menjaga kesucian dan fitrah dari orang tersebut. namun bagaiaman kedudukan seseoraang jika Nikah paksa? apakah Ini boleh dalam islam mengenai Nikah karena keterpaksaan dari pihak keluarga? yuk simak!

Dalam Al qur'an dan hadist  tentang Pernikahan Tidak begitu dijelaskan secara terperinci mengenai  nikah Paksa, Yang hanya dijelaskan tentang perwalian yaitu mujbir. Dalam Konteks ini Mujbir objeknya ialah seorang ayah. Jadi dalam Perwalian Seorang ayah mempunyai peranan Penting untuk anak putrinya. Jika tidak memiliki ayah, Maka seorang Mujbir itu digantikan oleh kakek. Selain ayah maka seorang kakek juga menjadi tanggung jawab bagi cucunya. 

Menurut para imam mazhab yaitu mazhab syafi'i mengenai mujbir. Imam syafi'i berpendapat mengenai peranan seorang mujbir untuk seorang yang ingin menikah. seorang mujbir Boleh memaksakan anak putrinya Untuk menikah dengan memenuhi beberapa kreteria yaitu

1. tidak adanya permusuhan antara yang ingin bernikah dengan seorang wali/ mujbir (ayah/kakek)

2. tidak adanya permusuhan yang sudah lama terjadi antara pihak mempelai laki laki dengan pihak perempuan

3. suami harus kufu' (kesepadanan) ataua sebanding

4. suami harus memiliki mental dan materi untuk mencukupi kebutuhan sang istri

5 dalam hal Mahar, seorang suami harus membayar mahar secara tunai kepada sang calon istri

dalam hal ini dapat kita simpulkan sebenernya Nikah paksa itu tidak ada, yang ada hanya di problem masalah di mujbir saja. yang dimana mujbir tersebut membatasi,mengekang keinginan anaknya untuk menikah dengan orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN