Mohon tunggu...
Ibnu Ilwan
Ibnu Ilwan Mohon Tunggu... nama

kelahiran gresik,10 juli 1976

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Persiapan Menyambut Ramadan

6 April 2021   22:12 Diperbarui: 8 April 2021   14:59 125 1 0 Mohon Tunggu...

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Q.S. Al-Baqoroh Ayat 183.

Enam hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh dengan kebrkahan dan pembebasan dari api neraka. Banyak yang bilang juga Ramadhan adalah bulan 1000 bulan, karena didalamnya terdapat malam yang sangat diagungkan yaitu malam laitatul Qodar. Dengan semua kemulian  bulan ramadhan yang begitu mulia itu apa yang sudah kita siapkan untuk menyambutnya.

Beberapa diantara kita umat islam senang dengan datangnya Ramadhan karena setelah Ramadhan akan ada Hari Raya Idul Fitri atau lebih sering di sebut LEBARAN. Meskipun tahun kemarin dan tahun ini sudah ada larangan untuk mudik saat lebaran yang merupakan moment tahunan yang  ditunggu - tunggu banyak kalangan, belum lagi dengan lebaran terjadi perputaran uang yang sangat besar dan dahsyat.

Bukanlah itu semua yang perlu kita persiapkan, tetapi kita menyiapkan bagaimana kita bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kita bisa dipertemukan dengan Ramadhan adalah sebuah kenikmatan yang luar biasa,  supaya kita bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. karena tidak semua dari kita bisa bertemu dengan bulan ramadhan.

Adapun yang perlu kita siapkan untuk menyambut ramadhan adalah AKHLAK DAN BUDI PEKERTI. Dalam hal ini akhlak dan budi pekerti di bagi menjadi dua yaitu:

1. Akhlak dan budi pekerti Lahir bagaimana kita bisa bersikap baik (berakhlak dan berbudi pekerti) terhadap anggota tubuh kita  dalam arti menjaga semua anggota tubuh kita untuk selalu berbuat baik. Baik dalam beribadah (hubungan dengan sang pencipta) dan berbuat baik dalam bermuamalah (hubungan dengan sesama makhluk Allah) salah satunya adalah menjaga kesinambungan kehidupan alam semesta, tanpa harus merugikan makhluk yang lain dengan apa yang kita kerjakan.

2. Akhlak dan budipekerti Batin adalah menjaga hati kita dari segala penyakit hati, apapun itu.

Dengan dua persiapan itu semoga romadhan kita di tahun ini bisa lebih baik dari ramadhan tahun - tahun sebelumnya, karena bisa jadi tahun ini adalah tahun terakhir kita bisa bertemu dengan ramadhan.

mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa menjadi pertimbangan untuk kita semua agar menjadi yang terbaik dihadapan Allah dan juga ciptaan-Nya.      

VIDEO PILIHAN