Mohon tunggu...
Ibnu Muslim.
Ibnu Muslim. Mohon Tunggu... Guru - Kepala keluarga

Kepala sekolah

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Menanam Pohon Pinang di Kebun Kita

24 Januari 2023   05:54 Diperbarui: 24 Januari 2023   06:30 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maros. 24 Januari 2023

Sahabat literasi yang sedang menikmati udara pagi. Semoga sehat selalu menyertai anda di rumah dan dimanapun anda berada. Apa kegiatan anda disela-sela kesibukan ? Berikut ini kegiatan saya dalam mengisi waktu luang, selain menulis juga berusaha berkebun.

Pada kesempatan ini saya ingin menulis sedikit pengalaman menanam pohon pinang

1. Apa itu pohon pinang ?

Pinang banyak dijumpai di kebun-kebun di daerah Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Pulau Jawa dan beberapa daerah di Indonesia. 

Di beberapa daerah pinang mungkin berbeda namanya ada yang menyebut pinueng (Aceh), jambe (Sunda, Jawa), tetapi memiliki ciri-ciri sebagai berikut : pohonnya tinggi lurus, biji buahnya berwarna kecoklatan sampai coklat kemerahan. Kulit buahnya pada waktu muda berwarna hijau, setelah itu menguning dan menjadi agak merah.

2. Bagaimana cara menanamnya ?

Jika buahnya jatuh, beberapa bulan kemudian akan tumbuh. Buah yang sudah tumbuh bisa dipindahkan ke tempat yang lain, misalnya di pinggir pagar sekalian untuk penghijauan. Cukup digali tanah sedalam 5 cm, maka bibit dapat dimasukkan dan akan udah tumbuh yang penting tidak terlalu kering tanahnya.

3. Umur berapa mulai berbuah ?

Sesuai pengamatan saya pada umur sekitar 5 tahun dan tinggi batangnya sekitar 4 meter sudah mulai berbuah, seperti yang saya tanam berikut ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun