Mohon tunggu...
Ibnu Muslim.
Ibnu Muslim. Mohon Tunggu... Guru - Kepala keluarga

Kepala sekolah

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Mengajari Naik Motor pada Usia Dini?

31 Agustus 2022   10:57 Diperbarui: 9 September 2022   10:00 52 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Sahabat literasi yang berbahagia, saya kemarin sore melihat seorang ayah sedang melatih naik motor pada anaknya yang usianya kira-kira baru 7 tahun. 

Latihan dilaksanakan di lapangan bola Pakalu Kelurahan kalabbirang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan, Tepatnya di depan sekolahku SMAS PGRI Bantimurung. 

Ada beberapa orang yang sempat nonton. Mereka ada yang tertawa, tetapi ada juga yang menyayangkan. Mengapa masih anak-anak dilatih naik motor, apa nantinya tidak membahayakan pada dirinya. 

Mungkin kalau anak tersebut sudah pintar naik motor akan mencoba naik motor di jalanan umum. kalau ini terjadi kemungkinan akan membahayakan pengendara lainnya. Kalau seorang ayah tersebut sayang kepada anaknya mestinya tidak terburu-buru melakukan hal tersebut. 

Berikan kegiatan lain yang menyenangkan dan menyelamatkan masa depannya. setelah melatih beberapa kali putaran ayah tersebut membiarkan anaknya mengendarai motor sendiri. tampak orang tuanya bangga. 

Dokpri
Dokpri

Saya sengaja mengambil gambar ini dari kejauhan. Jangan sampai mereka merasa bangga kalau saya lihat. Mudah-mudahan tidak banyak jumlahnya orang tua yang melakukan seperti ini. 

Kalau mengambil SIM saja ada peraturannya yaitu anak yang telah berusia minimal 17 tahun. kalau anak seumur 17 tahun ia telah dewasa dan cukup mengerti hukum sebab akibat. bagaimana menurut anda apa yang dilakukan oleh seorang bapak tersebut ? 

Mohon dapat memberikan komentar di kolom komentar. Mudah-mudahan komentar anda menjadi nilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Pembaca yang budiman kita jumpa lagi pada tulisanku yang akan datang. salam literasi, selamat beraktifitas, semoga anda bahagia dengan tulisan saya. baru belajar menulis ini. Selamat jumap kembali, besok.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan