Mohon tunggu...
Ian Aprianto Murmana
Ian Aprianto Murmana Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa

baru beberapa minggu ini saya sagat tertarik membaca dan menulis artikel, semoga yang saya tulis disini bisa bermanfaat bagi banyak orang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Apa Itu NFT dan Bagaimana Mendapatkan Uang dari NFT?

13 Januari 2022   01:00 Diperbarui: 14 Januari 2022   06:29 3006 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://www.instagram.com/p/CYKY71lpPeo/ Bayangkan gambar di atas dijual dengan harga $450.000

Bagi pejuang-pejuang karya digital, pasti sudah tidak asing lagi dengar nama NFT atau Non Fungible Token yang sekarang lagi hype. 

Mungkin  kata fungible sendiri banyak dari kita yang belum tau, kata fungible sendiri yang berarti sepadan, untuk mudah memahaminya saya akan menggunakan kata sinonimnya yaitu replaceable atau tergantikan. 

Non Fungible Token adalah suatu karya digital kita yang terverifikasi oleh teknologi bawah hak miliknya itu adalah milik kita dan karya tersebut bisa diperjualbelikan, dan itu yang membuat NFT ini menjadi hype. 

Saya akan mengilustrasikan biar lebih mudah dipahami. contoh beras, Ada 3 beras, beras 1, beras 2, dan beras 3 itu fungible/ replaceable karna fungsinya sama dan yang tidak fungible/ replaceable adalah lukisan monalisa, kita sendiri tau lukisan monalisa yang asli itu ada di mana. 

Dari ilustrasi yang barusan dapat dijelaskan non fungible/ replaceable atau yang tidak tergantikan pasti lebih mahal daripada sesuatu yang dapat tergantikan. 

Jadi, bagi kalian yang bisa berkarya atau bisa membuat karya secara digital, kalian dapat memperjualbelikan karya kalian secara autentik. 

Pertanyaan berikutanya adalah bagaimana cara memverifikasi yang menyatakan bahwa itu adalah karya kita? cara verifikasinya dengan teknologi yang bernama BLOCKCHAIN

Secara sederhana Blockchain di ibaratkan kaya bank namun bedanya blockchin tidak satu entitas, melaikan semua server atau komputer yang ada alam ekosistem tersebut. 

Misalnya kita menjual karya kita ke orang lain, maka transaksi kita akan di rekam oleh sistem yang bernama blockchain, dan pas di angkat ke teknologi, sekian banyak orang akan memverifikasi bahwa karya kita sudah dibeli oleh orang tersebut. 

Banyak blockchain yang mendukung NFT, tapi yang lebih sering di pakai adalah Ethereum (ETH), harga (1 ETH hari ini 12/01/2022 adalah Rp47,997,058.32) dan hype NFT ini berkolerasi dengan harga etheeum yang sekarang makin lam makin naik.

Apa kalian harus menjual NFT? Menurut saya NFT bisa menjadi sesuatu kalau kita pnya nama,contohnya kalian sebagai pebeli apakah kalian mau membeli sebuah gambar abstrak jika karya itu dari orang yang tidak terkenal/.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan