Mohon tunggu...
Husnul Fadhillah
Husnul Fadhillah Mohon Tunggu... Math-

-

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pentingnya Social Distancing Ditinjau dengan Hitungan Matematika

8 Agustus 2020   17:22 Diperbarui: 8 Agustus 2020   17:36 478 5 1 Mohon Tunggu...

Oleh : Husnul Fadhillah || Mahasiswa Prodi Matematika Fakultas SAINTEK UINSU

Seperti yang telah diketahui bersama, angka penyebaran Covid-19 semakin bertambah setiap harinya. Begitu pula dengan bahayanya yang semakin menyebar luas. Maka penerapan Social Distancing adalah cara yang tepat untuk mengantisipasi terinfeksinya virus ini. Social Distancing atau pembatasan sosial adalah cara pencegahan dengan pembatasan yang menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Namun, kini pemerintah telah mengganti istilah Social Distancing dengan Physical Distancing

Penerapan Physical Distancing mengharuskan seseorang untuk tetap tinggal dirumah, menggunakan masker dan membawa handsanitizer apabila terpaksa harus keluar rumah, hindari untuk berkumpul dan tidak berjabat tangan serta harus menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ternyata, pentingnya Physical Distancing ini dapat ditinjau dari hitungan matematika. Seorang Youtuber Jerome Polin dengan channelnya Nihongo Mantappu, menjelaskan pentingnya Physical Distancing menggunakan rumusan matematika dengan sederhana.

Nh+x = (1+R.P)^x .Nh

Dimana,

Nh = Jumlah pasien positif dihari berikutnya

 x = Jumlah pasien positf dihari ke-x

 R = Jumlah rata- rata orang yang bertemu dengan pasien Covid-19

 P = Peluang orang tertular setelah bertemu dengan pasien Covid-19

Untuk mengetahui penerapan rumus tersebut, akan dipaparkan dua contoh soal untuk mendeskripsikan saat kita tidak melakukan Physical Distancing dan saat kita melakukan Physical Distancing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x