Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... Penulis - I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

"Land Rover Defender", Mahalnya Sebuah Cerita

4 Oktober 2018   03:27 Diperbarui: 9 Januari 2019   23:27 4442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Land Rover Defender 110 (Sumber: autotrader.co.uk

Suatu benda biasanya berharga mahal karena nilai fungsinya yang juga tinggi. Kalau mobil, karena teknologinya. Teknologi yang memudahkan pengguna tentunya. Selain teknologi, kenyamanannya juga.

Tapi ada beberapa mobil mahal yang tidak memenuhi semua unsur yang saya tulis diatas. Yaitu mobil yang mahal karena filosofinya.

Kalau sampean nebak bahwa itu adalah Land Rover, jawaban Sampean benar. Defender tepatnya. Bagaimana tidak, dari tahun 70an, sampai 90an, bahkan sampai produk penutupan tahun 2016, bentuknya nyaris sama!
(Saat itu diberi nama Land Rover 90 untuk Sasis pendek, dan Land Rover 110 untuk Sasis panjang, dan barulah pada tahun 1990 nama Defender disematkan)

Seperti yang sampean lihat, Defender tak banyak berubah dari waktu ke waktu. Bahkan sejak tahun 1947 sejak awal diluncurkannya. Sampean bisa lihat kan, bahkan fitur hiburan pun masih berupa head unit single din. Plus USB port yang bisa memutar format lagu MP3 atau untuk mengisi daya yiech punya gadget.

Walau ini keluaran baru, yiech tak bisa berharap fitur-fitur mewah. Seperti kontrol traksi, hill descent control, atau adjustable suspension. Semua itu tidak ada!

Transmisinya pun manual dengan pedal kopling yang berat. Sedangkan transfer case masih menggunakan tongkat. O ya, di mobil ini tak ada opsi 2 wheel drive. Sampean akan 'dipaksa' berjalan dengan mode all wheel drive. Sedangkan tongkat transfer case hanya untuk memilih mode antara 4H dan 4L.

Satu hal lagi fungsi tongkat transfer case, untuk differential lock untuk melewati medan yang berat supaya traksi bisa maksimal keempat rodanya. Caranya dengan menggeser tongkat transfer case ketika mode 4L

Untuk memindahkan mode berkendara dari kedua mode, baik dari 4H ke 4L atau sebaliknya, sampean diharuskan berhenti dulu, kalau pun jalan, tak boleh melebihi batas kecepatan 5km/jam.

Interior dari dulu ya gitu-gitu aja. Nggak banyak berubah.
Land rover masih mempertahankan struktur body lama, dengan Ladder frame serta body aluminium. Anda tak perlu kawatir ada pengendara motor ngawur yang akan menabrak dari belakang. Karena bahan aluminium yang dipakai sangatlah kuat. Dan saya jamin penabrak akan kapok, karena dia yang akan babak belur bak menghajar tembok. Hhmm...kayaknya cocok dipakai di Jakarta, gak bakal kawatir penyok karena pemotor.

Sambungan body pun masih mempertahankan paku-paku keling dan baut yang dibuat kasar tapi rapi.
Apa Defender buatan tahun 2014 dilengkapi ABS, EBD, atau fitur keselamatan aktif lain?
Forget it!
Sekali lagi, tidak ada!
Apa ada Air bag?
Absen pula!

Hanya pretensioner seat belt.
Apakah defender nyaman? Tidak ada kata nyaman. Memang, posisi mengemudi sangat ergonomis. Untuk ukuran mobil tahun 80'an! Hahahahah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun