Mohon tunggu...
Akhmad Husaini
Akhmad Husaini Mohon Tunggu... Warga biasa dari kampung, senang membaca dan menulis tentang apa saja. Tinggal di Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Menjadikan menulis sebagai pekerjaan utama.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Rencana Menulis Profil Perajin Tangguk di Hangkinang

21 Januari 2021   09:56 Diperbarui: 21 Januari 2021   10:16 99 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rencana Menulis Profil Perajin Tangguk di Hangkinang
Tangguk, alat tradisional penciduk ikan buatan Sariansyah di Hangkinang. (foto : akhmad husaini)

Saya memiliki rencana ingin menulis profil usaha kerajinan tangan yang digeluti Sariansyah, membuat tangguk. Yakni alat penciduk ikan tradisional yang ada di kampung saya, Hangkinang. Alat itu berbahan baku paring dan rotan.

Biasa digunakan untuk menciduk ikan dengan cara dimasukkan ke air. Ikan akan terperangkap di tangguk. Selain itu tangguk berfungsi lain. Seperti wadah mengangkut taradak ke lahan persawahan. Sebagai tempat meletakkan buah-buhaan yang ingin diperam, dsb.

Sariansyah sudah puluhan tahun menggeluti usaha ini. Warisan dari orangtua. Satu-satunya perajin tangguk di kampung saya. Ia biasa menjual hasil pekerjaannya itu di Pasar Angkinang.

Saat ini harga tangguk di pasaran sekitar Rp 20 ribu / buah. Saya tak begitu tahu banyak tentang usahanya itu. Berapa banyak tangguk yang ia hasilkan setiap minggunya ? Darimana ia mendatangkan bahan baku paring dan rotan ?

Walau begitu apa yang dilakukan Sariansyah patut diacungi jempol, karena sangat intens melestarikan alat tradisional tersebut hingga tetap bertahan hingga sekarang.***

VIDEO PILIHAN