Mohon tunggu...
Humas UMKT
Humas UMKT Mohon Tunggu... Dosen - Humas

UMKT Merupakan Perguruan Tinggi Swasta No 1 di Kaltim-Kaltara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keren, Angkat Budaya Kutai, Mahasiswa UMKT Kembangkan Terapi Musik Untuk Siswa yang Akan Ujian UTBK

9 Agustus 2022   20:18 Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:59 119 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

umkt.ac.id, Samarinda - Stres akademik merupakan stres yang muncul akibat banyaknya beban akibat tuntutan tugas dan ujian yang harus dikerjakan dalam waktu bersamaan, sehingga siswa merasa tertekan. Termasuk saat akan menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Melihat fenomena ini, sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) tengah mencetuskan ide terapi musik dengan mengangkat kebudayaan Kutai Kartanegara, yaitu musik tingkilan. Penelitian ini sendiri telah dilakukan semenjak bulan juni yang lalu. (9/8/2022)

1. Memadukan instrumen musik tingkilan sebagai metode terapi musik pada siswa yang akan menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK)

Sekelompok tim mahasiswa ini adalah Dwi Astri Andriani (S1 Keperawatan), Salsabila Azzahra (S1 Farmasi), Bunga Yusnanda (S1 Keperawatan), Jihan Nabilah Yusuf (S1 Keperawatan). Mereka meneliti efektivitas dari penerapan terapi musik tingkilan untuk mengurangi stres terhadap siswa yang akan menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK)

Pemilihan terapi musik ini dipilih karena dianggap terjangkau secara ekonomi dan tidak menimbulkan efek samping bagi yang mengikuti terapi musik ini. Metode terapi musik merupakan salah satu cara untuk membantu mengatasi stres seseorang. Terapi musik yang dilakukan ini, ditujukan agar mereka yang sedang mengalami stres merasa lebih tenang dan nyaman.

"Sebelum memulai terapi musik, kami memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan keadaan stres yang telah disesuikan dengan alat ukur stres. Lalu, melakukan terapi musik tingkilan dan setelah itu kembali memberikan pertanyaan yang sama sesuai dengan pertanyaan yang diberikan sebelum kegiatan terapi. Selanjutnya, menganalisis hasil dari keadaan sebelum diberikan terapi dan sesudah terapi stres" Tutur Salsabila Azzahra

2. Lolos pendanaan PKM

Melihat fenomena ini, sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) pun terinspirasi agar mendengarkan musik ini, menjadi salah satu terapi bagi siswa yang menghadapi ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan memadukan dengan instrumen musik tingkilan yang merupakan kekayaan warisan kebudayaan Kutai Kartanegara.

Sehingga tidak hanya sebagai terapi musik dalam menangani stres tetapi juga mengangkat kebudayaan daerah Kalimantan Timur, Khususnya kebudayaan Kutai. Selain itu juga terapi ini dinilai memiliki pengaruh yang besar bagi mereka yang saat ini sedang stres. Melalui proposal Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) yang berjudul "Inovasi Mendengarkan Musik Tingkilan Kutai Untuk Menurunkan Stres Pada Siswa Yang Akan Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer." Proposal tersebut kemudian lolos dan didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. "Alhamdulillah, kami bersyukur, karena ini pertama kalinya kolaborasi kami lolos pendanaan dan juga judul PKM di bidang Riset Sosial Humaniora yang mewakili Fakultas Keperawatan dan Fakultas Farmasi, serta kami juga berterima kasih kepada Universitas dan Fakultas yang telah memfasilitasi kami hingga ke tahap ini", tutur Dwi Astri Andriani, selaku ketua kelompok.

dokpri
dokpri

3. Mulai Melakukan Penelitian Tahap Pertama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan