Mohon tunggu...
Humas Rutan WSB
Humas Rutan WSB Mohon Tunggu... Wiraswasta - HUMAS RUTAN WONOSOBO

Rutan Wonosobo PASTI HUMANIS

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Rutan Wonosobo Cegah Penularan HIV Lewat Test VCT

21 September 2022   17:09 Diperbarui: 21 September 2022   17:14 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Di akhir bulan triwulan ke-3, Tim Perawatan Kesehatan Rutan Wonosobo bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo selenggarakan Voluntary Counselint & Testing (VCT) dan Skrining TB massal kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan sebanyak 138 orang ,yang diselenggerakan di Ruang Poliklinik, Selasa, 20 September 2022.

Setiap Narapidana memiliki hak dasar yaitu berupa perawatan kesehatan, hal ini menjadi dasar penyelenggaraan giat ini. Upaya preventif melawan penyakit HIV/Aids dan TBC dilaksanakan agar mereka mampu menjalankan masa hukuman dan juga mendapatkan pembinaan dalam kondisi yang sehat sehingga apapun yang diprogramkan bisa teraplikasi dengan baik.

Perawat Rutan Wonosobo, Siwi Supraptiwi, dalam keterangannya berujar, "Voluntary counseling and testing serta pemeriksaan skrining TB merupakan program berkala, sebagai upaya preventif untuk mencegah penyakit menular  HIV/Aids dan TBC .serta juga untuk memenuhi hak dasar napi yaitu perawatan kesehatan".

Dalam kegiatan  skrining TB massal ini ditemukan 20 orang WBP suspek TB yang kemudian di ambil sample dahak utk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Sedangkan untuk hasil   VCT akan dirilis 1 minggu setelah pengambilan sample.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan