Mohon tunggu...
Humas Lapas Cilegon
Humas Lapas Cilegon Mohon Tunggu... Jurnalis - Lembaga Pemasyarakatan Cilegon

Sejarah berdirinya Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cilegon yang dibangun pada tahun 2010 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2012 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Bpk Amir Syamsuddin. Terletak di jalan Cikera Kp. Koweni Desa Kalitimbang Kec. Cibeber Kota Cilegon dengan luas areal sekitar 48.250 m2, sebelah Utara berbatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Timur bebatasan dengan perkebunan milik warga setempat, sebelah Barat berbatasan dengan pemukiman warga, sebelah Selatan berbatasan dengan pemukiman warga. VISI : Menjadikan Lapas yang terpercaya dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan MISI : 1. Menjadikan sistem perlakuan humanis yang memberikan rasa aman, nyaman, dan berkeadilan; 2. Melaksanakan pembinaan, perawatan, dan pembimbingan untuk mengembalikan narapidana menjadi warga negara yang aktif dan produktif ditengah-tengah masyarakat; 3. Membangun karakter dan mengembangkan sikap ketaqwaan, sopan santun, dan kejujuran pada diri narapidana; 4. Memberikan pelayanan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak-hak warga binaan pemasyarakatan dan keluarga/ warga masyarakat yang berkunjung.

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Sujud Syukur, 18 Narapidana Lapas Cilegon Jalani Asimilasi di Rumah

22 Januari 2021   17:54 Diperbarui: 22 Januari 2021   18:03 268 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sujud Syukur, 18 Narapidana Lapas Cilegon Jalani Asimilasi di Rumah
Bentuk rasa syukur dapati Asimilasi Dirumah, WBP Lapas Cilegon sujud syukur (Foto: Raja Umar/lapascilegon.com)

Kompasiana.com - Perpanjangan program asimilasi dilakukan Kementerian Hukum dan HAM dengan menerbitkan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.

Sebagai bentuk upaya lanjut atas kebijakan pimpinan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon (Lapas Cilegon) memberikan pembebasan melalui Asimilasi Rumah kepada 18 warga binaan hari ini, Jumat (22/1/2021).

"Tentunya program ini sesuai Permenkumham No. 32/2020 yang sudah digodok sedemikian rupa oleh Para Pimpinan di Pusat dalam langkah preventif penyebaran covid-19", ujar Kalapas Cilegon, Erry Taruna DS saat memberikan penguatan kepada 18 WBP yang akan menerima Asimilasi Rumah.

Disamping itu, Erry juga menyampaikan bahwa seluruh warga binaan yang menerima asimilasi rumah telah memenuhi persyaratan, salah satunya telah mengikuti program pembinaan dengan baik.

"Tak hanya itu, warga binaan juga telah diberikan berbagai keterampilan baik dalam bidang kemandirian maupun kepribadian yang nantinya menjadi bekal mereka untuk kembali dikehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara", kata Erry.

Ia juga berpesan kepada warga binaan untuk menjaga nama baik Lapas Cilegon, jangan berperilaku buruk, bahkan mengulangi kesalahan yang sama dan disiplin tetap terapkan protokol kesehatan. 

"Ingat asimilasi rumah bukan berarti bebas murni, tetapi masih ada aturan-aturan yang harus dijalankan oleh warga binaan", terang Erry.

Selain itu, sebelum keluar dari Lapas Cilegon , 18 WBP dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa mereka pulang dalam keadaan sehat dan bebas dari paparan covid-19. Dan juga WBP tersebut melakukan lapor awal terlebih dahulu kepada pihak Balai Pemasyarakatan selaku pengawas bimbingan kemasyarakatan dalam asimilasi rumah.

sumber : www.lapascilegon.com

Mohon tunggu...
Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan