Mohon tunggu...
Huda Pratama
Huda Pratama Mohon Tunggu... Petani - Pejuang Petani Muda

seorang yang hanya ingin terus berjalan dan bergerak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasca Pandemi, Mahasiswa KKN BTV Universitas Jember Memberikan Stimulus Program Pengembangan UMKM di Desa

5 September 2021   22:17 Diperbarui: 5 September 2021   22:22 184 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Perkebunan Sei Bejangkar merupakan salah satu desa yang terdapat di wilayah Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara. Secara geografis desa Perkebunan Sei Bejangkar memiliki luas wilayah 2023 hektar dengan 4 batasan wilayah. 

Sebelah utara berbatasan dengan Nagori Kp. Lalang Kabupaten Simalungun, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bangun Sari Kecamatan Datuk Tanah Datar, sebelah timur berbatasan dengan Desa Sei Bejangkar Kecamatan Sei Balai, dan sebelah barat berbatasan dengan Nagori Banjar Hulu Kabupaten Simalungun. 

Berdasarkan data administrasi pemerintahan Desa Perkebunan Sei Bejangkar, jumlah penduduk yang tercatat yaitu 3.121 jiwa yang terbagi dalam 589 kartu keluarga. 

Desa Perkebunan Sei Bejangkar terbagi menjadi 2 wilayah administrasi yaitu 6 dusun di perkampungan masyarakat dan 2 dusun di masyarakat kawasan Perkebunan PT. Lonsum. Tbk. 

Wilayah perkampungan masyarakat adalah sebaran masyarakat yang menempati rumah pribadi, sedangkan masyarakat kawasan perkebunan adalah masyarakat yang menempati perumahan yang disediakan oleh perusahaan. 

Oleh karena itu, masyarakat desa yang berada dikawasan perkebunan cenderung lebih mematuhi aturan perusahaan dibandingkan pemerintah desa. 

Kondisi tersebut seolah menimbulkan "Dualisme Kepemimpinan". Kondisi tersebut menjadikan permasalahan tersendiri bagi pola pemerintahan desa.Desa Perkebunan Sei Bejangkar merupakan salah satu desa yang terdapat di wilayah Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara. 

Secara geografis desa Perkebunan Sei Bejangkar memiliki luas wilayah 2023 hektar dengan 4 batasan wilayah. Sebelah utara berbatasan dengan Nagori Kp. Lalang Kabupaten Simalungun, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bangun Sari Kecamatan Datuk Tanah Datar, sebelah timur berbatasan dengan Desa Sei Bejangkar Kecamatan Sei Balai, dan sebelah barat berbatasan dengan Nagori Banjar Hulu Kabupaten Simalungun. 

Berdasarkan data administrasi pemerintahan Desa Perkebunan Sei Bejangkar, jumlah penduduk yang tercatat yaitu 3.121 jiwa yang terbagi dalam 589 kartu keluarga.

Desa Perkebunan Sei Bejangkar terbagi menjadi 2 wilayah administrasi yaitu 6 dusun di perkampungan masyarakat dan 2 dusun di masyarakat kawasan Perkebunan PT. Lonsum. Tbk. Wilayah perkampungan masyarakat adalah sebaran masyarakat yang menempati rumah pribadi, sedangkan masyarakat kawasan perkebunan adalah masyarakat yang menempati perumahan yang disediakan oleh perusahaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan