Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Panduan Kelola Uang Bulanan Bagi Freelancer

9 Oktober 2021   21:26 Diperbarui: 10 Oktober 2021   01:46 66219 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kelola keuangan seorang freelancer (sumber : kompas.com)

Pekerja lepas seperti saya ini sebenarnya seseorang yang bekerja sendiri dan tidak terikat oleh jam kerja. Apa yang menjadi keuntungan dan kelebihannya seorang freelancer tentunya sudah harus diketahui terlebih dahulu.

Biasanya sebagai freelancer, kami menawarkan keahlian tertentu kepada klien dari seluruh dunia. Tapi, kalau terlalu besar, ambil saja yang kelas lokal dulu.

Berhubung tawaran job tidak selalu datang, pekerjaan ini hanya bekerja saat dibutuhkan saja. Maka bisa dipastikan penghasilan kami cenderung fluktuatif.

Kami tidak ingin mengeluh bahwa pendapatan boleh tidak stabil, namun pengeluaran akan selalu ada untuk menunjang kehidupan sehari-hari bukan.

Makanya, saya merasa perlu belajar cara mengelola keuangan. Dan, ini menjadi tantangan tersendiri. Beberapa hal yang telah saya kerjakan dalam mengatur keuangan agar tanggalan tua masih tetap bisa berhemat.

Memisahkan Rekening Tabungan

Langkah pertama adalah dengan memisahkan rekening tabungan berdasarkan tujuan atau sumber pemasukan.

Saya belajar kalau memisahkan tabungan ini membuat saya jadi bisa menahan diri untuk tidak menggunakan seluruh uang untuk kesenangan. Ada yang saya gunakan untuk keperluan sehari-hari, juga ada untuk hiburan atau sebagai reward diri sendiri.

Dengan jumlah rekening tabungan yang dimiliki sebenarnya bisa mempermudah kita mengatur keuangan layaknya ember yang menampung air. Buat saja rekening tabungan, apalagi buka tabungan rekening online sudah mudah saat ini.

Kamu bisa membuat tabungan untuk tabungan sehari-hari, untuk membeli barang impian dan sebagainya.

Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan ini menjadi patokan buat saya patuh terhadap budget. Ya, kalau saya curi sedikit bisa jadi akan membuat tanggalan tua jadi makin sempit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan