Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Seberapa Penting Peran Influencer dalam Mendukung UMKM?

28 Agustus 2021   15:36 Diperbarui: 29 Agustus 2021   16:04 40050 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seberapa Penting Peran Influencer dalam Mendukung UMKM?
Social media influencer (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

Dulu orang tidak mengenal istilah influencer. Hanya ada beberapa orang saja yang menjadi konten kreator yang bisa dihitung dan saya kenal nama-namanya.

Sekarang? Saya sendiri sudah tidak tahu ada siapa saja konten kreator yang hebat.

Influencer untuk UMKM

Secara sederhana definisi influencer menjadi seberapa terkenal kamu dan punya pengaruh positif baik dalam skala kecil/lokal maupun skala besar/nasional. Tentunya setiap influencer ini memiliki audiens unik dan spesifik.

Kini, di era digital banyak orang berpendapat sebenarnya efektif tidak peran influencer dalam penjualan produk, khususnya untuk UMKM?

Tak jarang pemilik bisnis yang saya jumpai mereka pun berbondong-bondong mencari mana orang yang followernya banyak berdasarkan angka.

Saya yakin kalau peran influencer saat ini cukup efektif untuk campaign produk. Mereka telah terbiasa untuk mempromosikan produk dalam konsep sesuai ide dan kreativitas mereka.

Mendapatkan Brand Awareness

Dalam pengalaman saya menangani beberapa influencer termasuk juga berada di dunia influencer. Hal yang terpenting sebelum para brand atau pelaku usaha UMKM adalah tahu strategi kampanye yang ingin dia bidik sebelum menggaet para influencer sesuai segmentasi pasarnya.

Pemasaran menggunakan jasa influencer ini memang efektif untuk menaikkan brand awareness di awal. Setiap bisnis tentunya butuh pengenalan brand lebih luas agar masyarakat tahu keberadaan/eksistensi brand.

Sulit bilang mana influencer yang cocok. Masing-masing influencer ini punya segmentasi pasar sendiri dan memang harus agak kerja keras bagi brand dan pemilik bisnis UMKM untuk mengetahui apakah influencer-nya cocok untuk kolaborasi memperkenalkan produk.

Sehingga jangan langsung mengira kalau menggunakan influencer sudah pasti akan menaikkan penjualan kalian. Sebab, bakal ada influencer yang tidak paham cara bekerja profesional. Seperti tidak bisa menguasai produk yang akan dia kuasai, menulis caption dan lainnya.

Budget Influencer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan