Mohon tunggu...
Syaiful Rohman R
Syaiful Rohman R Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Praktisi Pendidikan, Penulis, Penggiat Literasi, Pemerhati Lingkungan Hidup, Sosial Budaya, dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Guru dalam Memberikan Dukungan Pada Peserta Didik dalam Melakukan Perbaikan Perilaku

14 Maret 2024   05:58 Diperbarui: 14 Maret 2024   06:00 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik di sekolah. Salah satu tugas utama guru adalah memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa yang memerlukan perbaikan perilaku. Dukungan ini tidak hanya membantu siswa mengatasi kesulitan mereka, tetapi juga membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang lebih baik. Dalam tulisan ini, kita akan mengeksplorasi tentang bagaimana guru dapat memberikan dukungan yang efektif pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilakunya.

1. Pemahaman Mendalam tentang Siswa

Sebelum guru dapat memberikan dukungan yang efektif, penting bagi mereka untuk memiliki pemahaman mendalam tentang siswa mereka. Ini melibatkan tidak hanya memahami latar belakang akademis siswa, tetapi juga faktor-faktor personal yang dapat mempengaruhi perilaku mereka. Guru perlu memperhatikan berbagai hal, seperti lingkungan keluarga siswa, pengalaman hidup, dan masalah-masalah sosial yang mungkin mereka hadapi di luar sekolah.

Dengan memahami siswa secara menyeluruh, guru dapat mengidentifikasi akar masalah perilaku dan merencanakan pendekatan yang sesuai untuk membantu siswa mengatasi masalah tersebut. Misalnya, jika seorang siswa menunjukkan perilaku menantang di kelas, mungkin ada masalah di rumah atau dalam hubungan antar teman sebaya yang perlu ditangani.

2. Menerapkan Strategi Dukungan yang Beragam

Setelah memahami siswa secara mendalam, langkah berikutnya adalah menerapkan strategi dukungan yang beragam untuk membantu mereka mengatasi masalah perilaku. Pendekatan yang efektif dalam memberikan dukungan kepada siswa dapat bervariasi tergantung pada situasi dan kebutuhan individual siswa.

Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru adalah pendekatan berbasis keterlibatan, di mana mereka melibatkan siswa secara aktif dalam proses perbaikan perilaku mereka. Ini dapat dilakukan melalui sesi konseling individu, di mana guru dan siswa bekerja sama untuk mengidentifikasi penyebab perilaku yang tidak diinginkan dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya.

Selain itu, guru juga dapat menggunakan pendekatan berbasis penghargaan untuk memperkuat perilaku positif dan mendorong perubahan perilaku yang diinginkan. Misalnya, mereka dapat memberikan pujian atau hadiah kepada siswa ketika mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan aturan sekolah atau ekspektasi yang telah ditetapkan.

Selain itu, kolaborasi dengan orang tua juga merupakan komponen penting dalam memberikan dukungan pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilaku. Dengan melibatkan orang tua dalam proses perbaikan, guru dapat menciptakan lingkungan yang konsisten antara rumah dan sekolah, yang dapat membantu memperkuat perubahan perilaku yang diinginkan.

Kesimpulan

Peran guru dalam memberikan dukungan pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilakunya sangatlah penting. Dengan memiliki pemahaman mendalam tentang siswa dan menerapkan strategi dukungan yang beragam, guru dapat membantu siswa mengatasi masalah perilaku dan tumbuh menjadi individu yang lebih baik. Kolaborasi dengan orang tua juga merupakan kunci dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perubahan perilaku yang positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun