Mohon tunggu...
Mohammad Herdianto
Mohammad Herdianto Mohon Tunggu... Bukan jurnalis, hanya suka menulis

PNS (Pegawai Nyekel Sapu)

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Di Balik Indahnya Tamansari

5 Januari 2020   12:11 Diperbarui: 5 Januari 2020   12:27 152 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Balik Indahnya Tamansari
Tamansari | dokpri

Berawal dari chat Whatsapp dengan teman saya yang kuliah di Yogyakarta, ajakan ngopi yang semula,  seketika berubah. Iya saya pikir akhir pekan dia pulang ke ponorogo, entah kenapa hari itu dia enggan pulang.

Mbok pisan-pisan kowe sing mrene, ngopi neng kene, sahut temen saya di chat dengan menggunakan bahasa jawa yang menunjukan agar saya yang bergantian nyamperin dia ko Jogja.

Entah apa yang merasuki ku, tanpa pikir panjang , langsung saja saya kenakan sepatu dan tas slempang yang sudah lengkap dengan isinya dan langsung tancap gas menuju status KAI madiun. kebetulan hari Jumat malem dan Kantor Libur untuk hari Sabtu dan Minggu, di pikir-pikir tidak ada salahnya kalo sekali-sekali saya turuti kemauan temen saya, sekalian refreshing.

Beruntung , saya dapat tiket Go show yang yang hanya seharga  70 ribu rupiah untuk perjalanan Madiun - Yogjakarta. Meskipun waktunya sudah sangat mepet dengan jam keberangkatan  kereta dan ada resiko ketinggalan kereta juga, tapi tiket Go show cukup menekan perkiraan biaya yang saya perlukan.

"Boleh juga, diulang lagi, liburan ke jogja tanpa persiapan dan rencana matang-matang," pikir saya dalam hati sambil ketawa sendiri setelah kereta sampai di jogja pukul 11 malam.

Bicara tentang Yogyakarta dengan segala keindahan dan keromantisannya, buat para pengguna media sosial terutama instagram dan buat para pecinta fotografi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat favorit buat berfoto yang bernama Tamansari.

Yappp,  Tamansari sepertinya menjadi tujuan utama saya untuk refreshing kali ini, maklum kenapa saya memilih untuk ke tamansari, karna berkali-kali ke Jogja, tapi saya sama sekali belum pernah ke Tamansari yang notabene bisa di bilang lagi ngehits di media sosial.

Salah satu pengunjung yang berfoto | dokpri
Salah satu pengunjung yang berfoto | dokpri
Lokasi Tamansari sendiri yang tak jauh dari Malioboro , Alon-alon utara dan Kraton Yogyakarta , memiliki akses yang sangat mudah untuk di tuju. akses melalui keraton ngayogyakarta hadiningrat  membutuhkan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit dari alun-alun utara keraton.

Hal ini yang mungkin menjadi alasan bagi para wisatawan untuk mengunjungi Tamansari, selain untuk menikmati keindahan dan memanfaatkan untuk spot foto, Tamansari bisa menjadi satu tujuan wisata Yogjakarta bagi yang ingin berliburan di sekitar kota Jogjakarta

Spot foto sejuta umat | dokpri
Spot foto sejuta umat | dokpri
Konon katanya Tamansari ini adalah bekas taman keraton yogyakarta yang dibangun dalam masa kerajaan Sri Sultan Hamengku Buwono sekitar Tahun 1758-1765 yang lalu. Tamansari sering juga disebut sebagai Istana Air (Water castle), taman yang dijadikan tempat rekreasi dan kolam pemandian bagi sultan Yogyakarta bersama keluarganya pada jamannya.

Entah bagaimana informasi secara detailnya mengenai tamansari ini, namun yang pasti Keindahan Tamansari memang bisa di acungi jempol untuk dijadikan salah satu tujuan wisata ke Yogjakarta , dengan hanya harga tiket 5000 rupiah bisa si bilang sangat murah bagi pengunjung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN