Mohon tunggu...
Indonesian Hotelier
Indonesian Hotelier Mohon Tunggu... -

Suka menulis, berbagi info wisata dan peneliti trend pasar dan pelayanan pada industri perhotelan dan kesehatan di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Sarjana Perhotelan, Lulus Jadi Manajer?

1 Mei 2017   12:02 Diperbarui: 1 Mei 2017   12:17 2102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pernahkah Anda mendengar program pendidikan tinggi dengan jurusan Manajemen Perhotelan? atau Hotel & Tourism Management?

Yang menarik ada kata Management dan memang bobot SKS yang dipelajari terkonsentrasi disana. Umumnya untuk menempuh kejenjang S1 maka Anda akan menghabiskan waktu sekitar 8 Semester atau 4 Tahun lamanya, dengan rincian 6 semester di kelas dan 2 semester melakukan program internship di hotel, baik di dalam negri maupun di luar negri. Namun, Kebanyakan program internshipnya masih bersifat tekhnis, belum mengarah ke manajemen.

Lalu, pertanyaannya adalah: Apakah setelah lulus Anda bisa langsung menjadi seorang Manager di Hotel?

Jawabannya sederhana: Bisa Tapi Bersyarat.

Rinciannya ada dalam ulasan dibawah.

Apa Yang Akan Anda Alami Dilapangan?

Industri perhotelan adalah industri yang sangat kompleks, dinamis dan memiliki variasi bidang keilmuan yang multi dimensi dan berkembang dengan sangat cepat. Baik di tataran tekhnis, Belajar leadership dan manajement hotel. Untuk menjadi seorang manajer diperlukan pengalaman yang mumpuni pada bidang-bidang kerja manajemen yang akan ditempuh.

Akademisi berfungsi untuk mendidik Anda, memberikan wawasan dan keterampilan secara umum, mengasah kemampuan berfikir secara analitik yang dimana bahan ajar diambil dari berbagai macam teori dan best practice dari industri, namun demikian bobotnya hanya sekitar 10% dari total kompetensi yang dibutuhkan untuk menempati posisi manajer.

Apalagi dengan kurikulum yang terbilang masih harus banyak mengejar untuk menyeimbangi kebutuhan Industri. Untuk memperbaikinya memang dibutuhkan sinergi yang kuat antar semua pemangku kepentingan.

Contoh kecil saja, jika Anda ingin menjadi manajer, apakah Anda mengetahui bagaimana menangani karyawan yang sulit diatur beserta beraneka ragam jenis kasus didalamnya? Memahami UU Ketenagakerjaan? Bagaimana cara bernegosiasi bisnis? Bagaimana mengantisipasi dan menangani dispute of operation?

Selain itu, Apakah Anda juga sudah mengetahui berbagai macam gaya kepemimpinan yang diterapkan untuk multi situasi yang kompleks? Memimpin dan mengelola perubahan dengan berbagai macam skenario? Value for asset creation? Mengetahui berbagai macam tekhnologi terkini dihotel dan bagaimana memaksimalkannya, serta bagaimana menganalisa berbagai macam format laporan yang berpotensi merugikan / menguntungkan hotel? Dan situasi-situasi lainnya dalam mengelola hotel?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun