Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Pendiri Cerpen Sastra Grup (cerpensastragrup.com)

Nomine Terbaik Fiksi (Penghargaan Kompasiana 2021). Peraih Artikel Terfavorit (Kompetisi Aparatur Menulis 2020). Pernah menulis opini di KompasTV. Kontributor tulisan dalam buku Pelangi Budaya dan Insan Nusantara. Pendiri Sayembara Menulis Cerpen IG (@cerpen_sastra), Pendiri Perkumpulan Pencinta Cerpen di Kompasiana (@pulpenkompasiana), Pendiri Komunitas Kompasianer Jakarta (@kopaja71), Pendiri Lomba Membaca Cerpen di IG (@lombabacacerpen), Pendiri Cerita Indonesia di Kompasiana (@indosiana_), Pendiri Tip Menulis Cerpen (@tipmenuliscerpen), Pendiri Pemuja Kebijaksanaan (@petikanbijak), dan Pendiri Tempat Candaan Remeh-temeh (@kelakarbapak). Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (Guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (Guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (Guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (Guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (Guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (Guepedia, 2021). Dua buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (Guepedia, 2021) dan Praktik Mudah Menulis Cerpen (Bagian 2) (Guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Bersih, Berdaya, dan Bestari: Transformasi Berkelanjutan dari Transjakarta

3 Maret 2024   09:27 Diperbarui: 3 Maret 2024   09:41 281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perwakilan Transjakarta, Komunitas Sebumi, dan Komunitas Kompasianer Jakarta (Kopaja71) berfoto bersama pada sesi Jakarta Green Tour di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu, sumber: dokumentasi Transjakarta dan Kopaja71.

Naik bus elektrik di Jakarta sungguh nyaman. Bunyi bising mesin tak terdengar. Emisi karbon dapat ditekan. Pelayanan yang diagihkan pun ramah. Demikianlah, kesan yang saya dapati dari Transjakarta.

Melihat kondisi zaman sekarang dan mempertimbangkan kebutuhan pewarisan kehidupan kepada anak cucu, tampaknya isu pembangunan berkelanjutan sangat penting untuk mendapat perhatian.

Jakarta sebagai ibu kota negara turut ambil bagian. Perihal contoh, Transjakarta -- di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta -- telah menerapkan program Bersih, Berdaya, dan Bestari dalam pelayanannya.

Dalam statusnya sebagai moda transportasi yang langsung digunakan oleh masyarakat (berdasarkan data, Transjakarta telah melayani 1,1 juta pelanggan setiap hari), perubahan sedikit saja -- tentunya -- dengan sangat mudah juga dirasakan oleh masyarakat.

Misalnya seperti yang saya ceritakan pada pembuka artikel ini. Sungguh, bila kita memberi perhatian lebih kepada kondisi iklim yang kian memanas, opsi bus elektrik sangat bisa dipertimbangkan sebagai alat transportasi dalam berkegiatan sehari-hari.

Pengurangan emisi karbon mencapai 99,9%  dengan operasional bus listrik, begitulah informasi dari Pak Bowo, Kepala Departemen CSR Transjakarta, Sabtu, 2 Maret 2024. 

Pak Bowo ketika membabarkan program berkelanjutan Transjakarta sewaktu kami menunggu kedatangan bus elektrik di halte Transjakarta, sumber: dokumentasi Kopaja71.
Pak Bowo ketika membabarkan program berkelanjutan Transjakarta sewaktu kami menunggu kedatangan bus elektrik di halte Transjakarta, sumber: dokumentasi Kopaja71.
Berpindah saja dari kendaraan pribadi ke penggunaan bus Transjakarta berbahan bakar fosil, tercatat telah mengurangi emisi karbon sampai 94%. Semakin tinggi kontribusi pengurangan dalam utilisasi bus elektrik (pada saat ini, telah dioperasikan 100 unit).

Transjakarta berkomitmen dan berupaya untuk mendukung iklim bersih dengan mengurangi emisi karbon. Selain itu, dari sisi prasarana, program Bersih diterapkan melalui pemanfaatan panel surya di halte-halte.

Dalam Jakarta Green Tour yang diselenggarakan oleh Transjakarta bekerja sama dengan komunitas Sebumi dan Komunitas Kompasianer Jakarta, aksi nyata Transjakarta berupa program Berdaya dapat saya lihat langsung melalui berdirinya outlet-outlet UMKM berskala mikro, kecil, dan menengah di halte Transjakarta (dalam hal ini halte Bundaran HI Astra).

Pak Bowo dan teman-teman dari Komunitas Sebumi ketika memberikan penjelasan, sumber: dokumentasi Kopaja71.
Pak Bowo dan teman-teman dari Komunitas Sebumi ketika memberikan penjelasan, sumber: dokumentasi Kopaja71.
Saya menyaksikan bahwa pada lantai atas halte, banyak tersedia stan (yang dibangun sedemikian rapi) bagi para penjual untuk mempromosikan dagangannya. Perihal Berdaya ini, juga dilengkapi bukti konkretnya dengan pelibatan ekonomi lokal (koperasi) sebagai operator layanan Mikrotrans.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun