Marketing Plan adalah sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi untuk mencapai target dalam menjalankan bisnis. Adapun unsur-unsur marketing Plan adalah sebagai berikut:
*seseorang yang akan menjalani bisnis harus mengerti bisnisÂ
*harus mengetahui target dan standar yang harus dicapaiÂ
*menentukan target pasar, seperti mengobservasi pasar apakah pasar-pasar disitu akan menerima produk atu barang yang akan kita jual.
*kenali kompotitor (lawan usaha)
*Fokus dan prioritasÂ
*Tetapkan BudgetÂ
Cara dan Rancangan Marketing PlanÂ
1. membuat profil perusahaanÂ
2. menentukan keunikan produk dalam sebuah perusahaanÂ
3. menentukan strategi hargaÂ
4. Rencana Distribusi yang jelas
5. membuat strategi promosi
Marketing plan yang dibuat oleh Forbes merupakan salah satu contoh yang detail dan cocok untuk kamu yang ingin membuat rencana pemasaran dari nol. Dalam bisnis, kamu harus senantiasa siap beradaptasi dan mengubah plan-mu. Rajinlah untuk menganalisis dan sesuaikan dengan kondisi perusahaan saat ini.
Marketing plan yang dibuat oleh Contently fokus pada pembuatan konten promosi. Akan tetapi, dibandingkan membuat baru untuk setiap kampanye, contoh marketing plan dari Contently akan membantu kamu memperbaiki langkah promosi dengan maksimal.
Kamu bisa belajar untuk menyesuaikan konten dengan target, menentukan channel yang paling efektif untuk kamu gunakan, juga mengetahui konten yang paling dinikmati pelanggan dan calon pelanggan.
contoh marketing plan adalah Buffer. Buffer memudahkan mereka yang berada di dunia marketing dengan membuat template marketing plan dengan instruksi beserta contohnya. Contoh marketing plan oleh Buffer cocok untuk kamu yang belum pernah mendokumentasi marketing plan sebelumnya. Menyusun marketing plan memang seru, bukan? Kamu bisa langsung mencobanya dengan mulai berkarier sebagai seorang marketer. Siapkah menjadi Pebisnis ?? Jawabannya ada di dalam diri kalian masing-masing  :-) Selamat mencobaÂ