Mohon tunggu...
Himmatus Sholikhah
Himmatus Sholikhah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perempuan

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS Literasi di SMP Negeri 9 Malang

28 November 2021   04:00 Diperbarui: 28 November 2021   06:04 86 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Salah satu ciri pembelajaran abad 21 adalah penerapan HOTS literasi siswa. HOTS merupakan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan berbagai konsep, metode kognitif dan taksonomi pembelajaran. Pembelajaran HOTS berfokus pada aktivitas menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Implikasi pembelajaran berbasis HOTS  meliputi pemilihan pendekatan, model, strategi, metode, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Sejalan dengan hal tersebut, Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama dengan menciptakan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Inovasi tersebut meliputi pengembangan penelitian seputar pembelajaran menjadi kreasi baru dalam menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital. Pentingnya pengenalan literasi digital kepada siswa membuat mahasiswa Universitas Negeri Malang berinovasi memanfaatkan teknologi yang ada.

Rangkaian kegiatan penerapan HOTS literasi siswa dalam kegiatan Magang Kependidikan dimulai dari acara workshop pada tanggal 2 Oktober 2021 hingga kegiatan FGD dan evaluasi pada tanggal 25 November 2021. Pada kegiatan Magang Kependidikan, mahasiswa berinovasi di instansi tempat  magang masing-masing. Salah satu instansi tempat Magang Kependidikan adalah SMPN 9 Malang. Himmatus Sholikhah, mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah menerapkan inovasi  pembelajaran Bahasa Indonesia dengan konsep literasi digital untuk siswa kelas IX SMPN 9 Malang.

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa kelas 9 diperkenalkan dengan beberapa media pembelajaran antara lain Padlet dan Fiphtml5. Media Padlet digunakan sebagai papan tulis virtual untuk siswa dan Fliphtml5 digunakan sebagai perpustakaan mini untuk bahan literasi. Dengan menggunakan papan tulis virtual, baik siswa yang belajar di rumah maupun siswa yang belajar di kelas dapat saling berinteraksi dalam waktu yang bersamaan. Pengenalan bahan bacaan dengan tampilan yang menarik dan mudah diakses diharapkan dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam melakukan literasi.

padlet-61a2942f06310e017d73a702.jpg
padlet-61a2942f06310e017d73a702.jpg
flip-61a2947062a7042c4328f602.jpg
flip-61a2947062a7042c4328f602.jpg
Kegiatan Magang Kependidikan diharapkan dapat menjadi ajang berkreasi dan berinovasi bagi mahasiswa, guru dan kampus. Mengingat pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, banyak pihak yang harus ikut aktif dalam mencapai tujuan tersebut. Sosialisasi pembelajaran HOTS literasi harus terus dilakukan secara merata untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan