Mohon tunggu...
Hilyah
Hilyah Mohon Tunggu... Tutor - Penulis

Pecinta Bahasa, Tulisan tulisan disini saya fokuskan untuk belajar bahasa arab, Follow IG Saya @Hilyah_Nur dan Youtube Hilyah, web saya Hilyah.id

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Belajar Bahasa Arab dengan Cepat dan Mudah, Part 1

12 September 2020   01:40 Diperbarui: 12 September 2020   01:42 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya akan menceritakan proses saya belajar bahasa arab sejak tahun 2002 di Pon Pes Dalwa, Darullughah Wadda'wah

Tidak panjang lebar hanya cerita singkat berupa jejak rekam keseharian,

Waktu belajar bahasa arab saya tidaklah singkat, perlu waktu panjang, namun jika kalian yang ingin serius belajar bahasa arab dan berkeinginan kuat untuk cepat bisa, maka saya akan kasih formula cara cepat belajar bahasa arab dengan mudah dan cepat

Di pesantren kita belajar beragam kitab dan materi pembahasan, namun untuk perkembangan diri sendiri secara cepat adalah dengan kemandirian masing masing.

Saya setiap pagi duduk manis belajar dengan Ustadz Fauzi Safron, menghapalkan kosakata, seringkali senior saya bernama Sya'roni memberikan kewajiban  untuk menghapal kosakata bahasa arab, setiap hari, yak setiap hari, betul setiap hari, mengapa saya tekankan demikian, karena menghapal kosakata perlu dilakukan setiap hari, layaknya menabung pembendaharaan kosakata bahasa arab, perlu dilakukan setiap hari.

Dan itu berlangsung satu tahun, rutin saya menghapal 5,10 atau bahkan 15 kosakata setiap harinya, dan percayalah, sampai saat ini pun saya masih terbiasa menghapal kosakata baru, sebagai pembendaharaan kosakata, baik itu kosakta bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jepang atau bahasa arab, karena memang saya menghabiskan waktu saya dengan mempelajari beberapa bahasa.

Jadi kita simpulkan sampai tulisan ini, pembendaharaan kosakata itu penting, barulah sambil mempelajari nahwu shorof dan lain lainnya.

Dari sini kita simpulkan bahwa jantungnya dalam mempelajari apa pun adalah pembendaharaan kosakata, hingga insting berbahasa kita mulai peka dan bisa membedakan beberapa istilah, misalnya istilah fiqih, istilah mustolah hadist, istilah nahwu shorof dan balaghah yang masing masing memiliki terminologi berbeda.

Saya cuma tiap pagi menghapal kosakata, secara rutin, jika ada waktu lebih itu saya anggap bonus, langkah awal tanamkan kesadaran pembendaharaan kosakata yang banyak terlebih dahulu, sisanya, percayalah yang lainnya akan lebih mudah, karena jantung untuk menguasai sebuah bahasa adalah kosakata, kalau dalam bahasa inggris vocabularies, kalau dalam bahasa arab mufrodat,

Sampai sini mungkin akan sampai kesadaran bahwa kosakta itu penting, yupss selanjutnya kita akan membahas hal hal lainnya, hingga kemampuan bahasa arab kita meningkat.

Ohh iya sebagai bocoran untuk pembahasan selanjutnya adalah, saya bisa bahasa arab dalam waktu 3-4 bulan dengan minim wawasan grammar bahasa arab namun sudah sedikit banyak mengerti, mengapa demikian ?, nanti akan kita bahas di part selanjuntya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun