Mohon tunggu...
hilmiyatul aliyah
hilmiyatul aliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

saya sedang menempuh pendidikan di uin. hobi saya suka mendengarkan musik, dan suka bermain bersama teman-teman saya. disamping hobi saya itu, sayaa tidak lupa dengan kewajiban saya menjadi mahasiswi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengetahui Apa Itu Kata Serapan: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kata Serapan

8 April 2023   13:35 Diperbarui: 8 April 2023   13:39 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo kompasianer? Gimana ni puasa kalian di bulan romadhon ini? Semangat terus yaa! 

Nah kali ini aku akan membagi ilmu yang aku baca dari media sosial nih! Apasi pengertian kata serapan? Yuk simak!

Kata serapan dalam bahasa Indonesia adalah kata yang berasal dari bahasa asing ( bahasa daerah maupun bahasa luar negeri ) yang kemudian lafal, ejaan dan tulisannya disesuaikan dengan penuturan orang Indonesia untuk memperbanyak kosakata.

Kata serapan bedasarkam proses penyerapannya ada 3 jenis, yaitu :

1. Adaptasi

      Proses penyerapan kata asing yang digunakan karena memiliki makna sama dalam bahasa Indonesia. Seperti contoh class yang diadaptasi dari kelas.

2. Adopsi

      Proses penyerapan kata asing yang memiliki makna yang sama dalam bahasa Indonesia tanpa mengubah ejaan, pengucapan, dan penulisan sama sekali. Seperti contoh kata internet.

3. Pungutan

      Proses ini terjadi karena pemakai mengambil konsep dasar yang ada pada bahasa asalnya. Seperti contoh download yang diserap dengan kata unduh

A. Kata Serapan dari Bahasa Daerah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun