Mohon tunggu...
Hilman Idrus
Hilman Idrus Mohon Tunggu... Administrasi - Fotografer

√ Penikmat Kopi √ Suka Travelling √ 📷

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bergabungnya Lionel Messi Memberi Dampak Positif Terhadap PSG

14 Agustus 2021   20:46 Diperbarui: 14 Agustus 2021   20:54 140 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bergabungnya Lionel Messi Memberi Dampak Positif Terhadap PSG
Lionel Messi bersama Nesser Al-Khelaifi dan Direktur Olahraga PSG Leonardo Nascimento de Araujo, Foto: AFP/STEPHANE DE SAKUTIN via Kompas.com

Pada kompetisi La Liga 2021, publik Katalonia, Spanyol dipastikan tidak lagi menyaksikan aksi bintang mereka, Lionel Messi di stadion Camp Nou. Pasalnya, pemain berjuluk La Pulga itu sudah resmi berkostum klub ibu kota Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Messi terpaksa mengakhiri kerjasama dengan klub yang telah membesarkan namanya itu, lantaran pembicaraan terkait pembaruan kontrak berakhir buntu.

Ini dikarenakan kondisi keuangan Barcelona belakangan ini tidak stabil, selain itu terbentur dengan peraturan Finansial Fair Play dan Salary Cap Liga Spanyol. Walaupun, Messi memahami kondisi tersebut dan meminta petinggi klub memotong nilai kontraknya sebesar 50 persen. 

Namun, rupanya sulit diwujudkan Barcelona, karena mereka baru saja mendaratkan Memphis Depay dan Sergio Aguero ke Camp Nou, ditambah pemain dengan gaji tertinggi di klub seperti Antoine Griezmann, Miralem Pjanic, Samuel Umtiti, Philippe Countino, dan Ousmane Dembele. Sehingga, mau tak mau Barcelona harus merelakan kepergian pemain yang telah merengkuh 6 gelar Ballor d'Or tersebut ke kota Paris.

Sebenarnya, keinginan Messi untuk tetap berkostum Barcelona, karena memang ia sangat mencintai klub kebanggaan publik Katalonia tersebut, lantaran La Pulga  mengawali karir di akademi Barcelona -- La Masia  sejak berusia 13 tahun. Sehingga, sulit untuk memisahkan Messi dengan Barceloan. 

Terlebih sejak debut di tim senior Blaugrana, pada pertandingan derby melawan Espanyol di Stadion Olympic pada 16 Oktober 2004.  Kemudian, Messi mencatatkan sejarah pertamanya untuk klub sebagai pencetak gol termuda Barcelona di usia 17 tahun sepuluh bulan dan tujuh hari, kala Barcelona kontra Albacete pada 1 Mei 2005.

Walaupun rekor tersebut akhirnya dipecahkan Borjan Krcik, namun pencapaian gemilangnya bersama Barcelona hingga saat ini sulit disamai pemain lainnya. Messi sejak debut bersama tim senior Barcelona pada 2004 hingga 2021, dari total 778 pertandingan, ia mengoleksi 672 gol, 305 Assist. 

Bahkan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah La Liga yang dipegang legenda Athletic Bilbao, Telmo Zara sejak 1955 telah dipecahkan La Pulga, serta penampilan terbanyak di Barcelona yang menempatkan Xavi Hernandes dengan 767 pertandingan, kini telah disalib Messi dengan 778 laga. Dan, satu rekor yang sulit dilewati pemain lain di Barcelona adalah  pencetak gol terbanyak di Barcelona.

Selain pencapaian tersebut, bagi publik Katalan, Messi disebut sebagai legenda Barcelona, karena berhasil menghadirkan 10 gelar La Liga, 7 trofi Copa Del Rey, 8 trofi Super Copa, 4 trofi liga champions, 3 trofi Eufa Super Cup dan 3 gelar Fifa Club World Cup.

Selain menambah koleksi trofi untuk klub, enam kali ia meraih gelar Ballon d'Or dan menjadikannya sebagai satu-satunya pemain dengan koleksi terbanyak penghargaan paling prestisius bagi pesepak bola secara individu.Pencapaian gemilang bersama Blaugrana tersebut akan terus dikenang oleh publik Katalan, sepanjang sejarah klub.

Kini, pemain yang baru saja persembahkan gelar Copa America untuk Timnas Argentina itu, telah resmi berseragam PSG, di klub milik pengusaha asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi tersebut, Messi diikat dengan kontrak selama dua tahun, dengan opsi perpanjangan satu musim dan mendapat gaji yang sangat fantastis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan