Mohon tunggu...
Hildawati Septiani
Hildawati Septiani Mohon Tunggu... Akuntan - Karyawan Swasta

Travelling - Writing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Hal yang Harus Diterapkan dalam Mengerjakan Skripsi

6 November 2022   22:50 Diperbarui: 7 November 2022   15:02 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mengerjakan skripsi (Sumber: shutterstock)

Kita semua pasti tahu apa itu skripsi. Ya, skripsi adalah tugas akhir atau tahap akhir dari seluruh proses perjuangan kita sebagai mahasiswa. 

Skripsi adalah salah satu syarat kelulusan program sarjana di perguruan tinggi. Mendengar kata skripsi, mungkin bagi sebagian mahasiswa, skripsi adalah "momok" yang menakutkan.

Sebagian mahasiswa merasa bahwa skripsi bukan tugas yang mudah. Maka saat memulai skripsi, kita juga harus mempersiapkan mental yang kuat. Karena pada tahap ini kita akan diuji secara mental, materi, maupun lingkungan kita sendiri. Mental kita harus kuat ketika dihadapi dengan dosen yang sulit ditemui, atau harus menerima banyaknya revisian.

Lika-liku mengerjakan skripsi tidak hanya sebatas menyalin data-data di internet, tetapi data skripsi yang kita kerjakan harus valid, dan tidak terjadi plagiarisme. Oleh karena itu, tidak sedikit mahasiswa yang mengenyampingkan tugas akhir, sehingga mereka harus mengenyam status mahasiswa lebih lama. 

Pernah tidak di antara kalian selalu mencari motivasi atau support system ketika mengerjakan skripsi? 

Menurut saya, sebanyak apapun kita mencari motivasi, tidak akan mengubah apapun. Karena semua berasal dari pikiran kita, hanya diri kita sendiri yang dapat mengubahnya. Semua tergantung dengan apa yang kita pikirkan. Jika kalian fokus memikirkan ingin "cepat lulus", maka tubuh akan merespon untuk selalu mengerjakan skripsi walaupun itu sangat sulit.

Tips yang menurutku yang sangat membantu dalam menjalani skripsi

1. Terus Pikirkan Tujuan Utama

Ingat perjuangan kalian selama kuliah dari semester awal hingga akhir. Kita semua mampu bertahan kurang lebih 3 tahun, tapi kenapa kita menyerah hanya karena skripsi? Pikirkan terus tujuan utama kalian, ingin cepat lulus bukan? lalu bekerja? 

Ya, semua menginginkan itu. Maka, tanamkan dalam pikiran kalian "ingin cepat lulus tepat waktu" sebagai support system yang baik agar skripsi cepat selesai dan lulus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun