Mohon tunggu...
PMM ASAM SULFAT
PMM ASAM SULFAT Mohon Tunggu... PMM UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH MALNG KEL. 98 GEL. 03

Bergerak Untuk Perubahan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tanamkan Kebiasaan Baik, PMM Kelompok 98 Adakan Fun Washing Hand Project

10 Mei 2021   09:46 Diperbarui: 10 Mei 2021   10:14 57 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanamkan Kebiasaan Baik, PMM Kelompok 98 Adakan Fun Washing Hand Project
Pembagian Kartu RACITA (Rajin Cuci Tangan) untuk anak-anak Panti Asuhan KH. Mas Mansyur / dokpri

PMM Kelompok 98 Gelombang 3 Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan program Fun Washing Hand Project di Panti Asuhan KH. Mas Mansyur sebagai bentuk pemberian edukasi kepada anak-anak akan pentingnya cuci tangan untuk hidup sehat. PMM Kelompok 98 mengajak anak-anak usia dini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dengan membiasakan cuci tangan dengan baik dan benar sebelum dan sesudah makan maupun aktivitas lainnya.

Sebanyak 30 anak Panti Asuhan KH. Mas Mansyur mengikuti kegiatan tersebut. Pengajaran disampaikan melalui media presentasi dan video terkait praktek cuci tangan secara interaktif dengan pendampingan anggota kelompok PMM serta lagu ceria tentang cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Melalui media tersebut diharapkan dapat menarik minat dan mudah diingat oleh anak sehingga dapat mempraktekkan cuci tangan dengan baik dan benar dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, untuk menguatkan pemahaman anak-anak terkait pentingnya cuci tangan, dilakukan demonstrasi penyebaran kuman dengan eksperimen kecil yang menyenangkan yaitu COVID-19 germ experiment menggunakan pepper dan glitter.

Sebagai upaya memantau kedisiplinan anak-anak panti Asuhan KH Mas Mansyur, dibagikan Kartu RACITA (Rajin Cuci Tangan)yang berisikan dokumentasi kegiatan cuci tangan anak-anak setiap harinya di waktu-waktu seperti sebelum dan sesudah makan ataupun sesudah dari kamar mandi. Kartu RACITA dikontrol setiap minggunya dan peserta dengan kedisiplinan terbaik dalam mencuci tangan akan diberikan reward di hari penutupan  kegiatan nanti.

"Kegiatan controlling Kartu RACITA kami laksanakan setiap minggu untuk benar-benar memastikan kedisiplinan anak-anak dalam mencuci tangan, sebab seperti yang kita pahami bersama, kebiasaan yang baik bila diterapkan sedari dini akan menjadi kebiasaan yang melekat hingga dewasa nanti. Terlebih kebiasaan mencuci tangan sangat penting untuk diterapkan di kondisi pandemic seperti ini," ujar Nabila Rahma Yanti, anggota kelompok PMM 98.

VIDEO PILIHAN