Mohon tunggu...
Higo Indonesia
Higo Indonesia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Kenapa Menentukan Target Pembeli Itu Harus Spesifik?

15 September 2018   22:14 Diperbarui: 15 September 2018   22:32 633
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kenapa Menentukan Target Pembeli Itu Harus Spesifik? | pexels.com

Saat kamu memiliki keinginan untuk memulai usaha, kamu pasti sudah memiliki konsep dasar usaha yang ingin kamu jalankan bukan. Hal yang paling penting dalam kemajuan usaha adalah pembeli, tanpa mereka usahamu akan dipastikan gulung tikar dan tak akan menghasilkan keuntungan. Sebelum kamu memulai untuk menetukan design logo, warna, dan lainnya hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menentukan target pembeli secara spesifik. Kenapa harus sangat spesifik? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memudahkan menentukan nama usaha

Pemilihan nama menjadi hal yang sangat penting untuk menjelaskan brand yang kamu miliki. Nama adalah representasi dari usaha yang kamu miliki, mulai dari visi hingga misi. Sehingga menentukan target pembeli dengan spesifik akan memudahkanmu untuk memilih nama usaha yang akan kamu jalankan

2. Menentukan logo dan warna dominan yang sesuai dengan usahamu

Jika kamu tahu siapa target pembelimu, kamu akan bisa mencocokannya dengan logo yang ingin kamu buat. Apa warna dominan yang mencirikan produk yang kamu miliki dan apa font yang sesuai untuk digunakan.

3. Pesan yang ingin disampaikan

Setiap usaha pasti memiliki pesan yang ingin disampaikan, misalnya perusahan yang bergerak dibidang fashion, mereka ingin setiap wanita terlihat cantik sehingga mampu memunculkan rasa percaya diri dalam menjalani aktivitas. Jadi saat kamu tahu lebih dalam tentang siapa sebenarnya target pembelimu, kamu akan lebih mudah untuk membuat pesan kenapa usahamu ada dan kenapa para pembeli harus membelimu, bukan usaha lain. 

4. Cara memasarkan produk dari usaha yang dijalankan

Dengan kamu tahu target pembeli secara spesifik, kamu akan mudah membuat breakdown langkah-langkah pemasaran yang harus dijalankan. Jika target kamu adalah seorang wanita yang memiliki usia antara 17 hingga 25 tahun dan memiliki aktivitas di luar ruangan yang padat dan sangat mobile, kamu akan bisa membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan target pembeli kamu. 

Untuk kasus target pasar seperti contoh di atas, strategi pemasaran yang paling cocok adalah dengan media sosial. Pilih media sosial yang memiliki banya fitur untuk membuat iklan, lalu pilih tipe iklan yang kreatif seperti canva, karosel, atau video. 

Menentukan target pembeli dengan spesifik akan sangat membantu kamu dalam memajukan usaha. Semua campaign dan strategi pemasaran yang kamu jalankan akan tepat sasaran sehingga akan menghasilkan feedback yang baik. Jika kamu yang sudah memiliki usaha dan ingin lebih mengenal siapa saja pembeli atau pengunjung di cafe atau usahamu, kamu bisa gunakan HIGOspot. Kunjungi http://higo.id/ dan nikmati cara mudah untuk mengenal pembeli atau pengunjungmu dengan sangat mudah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun