Kepribadian pelanggan memang selalu unik untuk dibahas. Bagi kamu yang memiliki usaha pasti sangat paham dengan problematika ini. Kepribadian pelanggan yang beraneka ragam, menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis untuk terus menyajikan pelayanan yang memuaskan.Â
Menjadi apa yang pelanggamu harapkan memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Mengenal kepribadian mereka menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut tipe-tipe pelanggan yang sering dijumpai dan cara menanganinya.
1. Tipe pembanding
Sekecil apapun perbedaannya akan sangat berarti di mata mereka. Untuk memenangkan hati pelanggan dengan tipe pembanding, kamu bisa menonjolkan setiap sudut kelebihan yang hanya ada di tempatmu. Misalnya, bisnismu bergerak di bidang kuliner dengan bahan-bahan organik, kamu bisa mulai melakukan campaigns yang membahas bahwa bahan organik sangat baik bagi kesehatan tubuh tentunya dengan rasa yang lezat dan harga yang ramah kantong.
2. Tipe penyuka promo
Untuk menangani tipe ini sebernarnya lebih gampang dan butuh konsep-konsep pemasaran yang lebih kreatif. Kamu bisa memberikan mereka loyal service berupa free ice cream atau cake dengan mininum pembelian yang telah ditentukan sebelumnya.Â
3. Tipe cerewet
Biasanya pelayan akan merasa jengkel dengan tipe cerewet, tapi perlu diingat membangun citra yang positif sangatlah penting, sehingga apapun yang terjadi dan apa pun komplain yang diberikan kamu dan tim harus bisa mengatasinya dengan ramah dan sabar.Â
Kira-kira kamu lebih sering ketemu dengan tipe yang mana, nih?