Digital

Apakah Email Marketing Baik untuk Bisnismu?

13 Juli 2018   09:58 Diperbarui: 13 Juli 2018   10:00 291 0 0
Apakah Email Marketing Baik untuk Bisnismu?
www.pexels.com

Perasaan yang mengganggu atau malah sesuatu yang ditunggu!

Setiap ingin berlangganan website favorit, mendaftar di aplikasi yang kamu butuhkan atau sekedar ingin mendengarkan musik di spotify, biasanya kamu akan diwajibkan untuk memasukan alamat email sebagai media login-nya. Ternyata hal ini lah yang membuat pengguna email di dunia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Peluang besar ini akhirnya dilirik oleh pelaku bisnis untuk mampu mendekatkan diri kepada pelanggan mereka dengan cara membuat email marketing

1. Hasil Survei

Bedasarkan hasil survei yang diterbitkan oleh Fluent pada tahun 2016 dengan melibatkan 2000 orang penduduk Amerika yang dikelompokkan menjadi tiga pertanyaan, yaitu :

a. Seberapa sering email marketing bermanfaat?

b. Seberapa banyak email marketing yang diterima?

c. Apa yang dilakukan dengan email marketing yang tidak diinginkan?

Hasilnya sangat mengejutkan! 44 persen mengatakan, bahwa email marketing terkadang, sering bahkan selalu berguna, sedangkan hanya 24 persen yang mengatakan bahwa email marketing tidak berguna sama sekali.

 56 persen mengatakan bahwa mereka mendapatkan email marketing dengan jumlah yang banyak dalam sehari, sedangkan untuk email marketing yang tidak diinginkan mereka akan berhenti berlangganan dan atau malah mengabaikannya. Jadi dapat diketahui bahwa peluang agar pelangganmu kembali adalah melalui email marketing

2. Kenali pelangganmu

Diinginkan atau bahkan menjadi bermanfaat adalah tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis dalam membuat email marketing. Mengenali pelanggan adalah langkah awal yang harus dilakukan. Kenali apa yang mereka suka dan bagaimana kebiasaan pelangganmu adalah jalan untuk membuat konten dan design yang relevan untuk membuat email marketing. Saat bisnismu bergerak dibidang kuliner, kamu bisa sentuh hati mereka dengan aneka promo menarik tanpa syarat yang memusingkan dan berikan referensi makanan sehat atau makanan yang sedang hits tapi dengan harga yang terjangkau. 

3. Buat segmentasi 

Penting bagi kamu untuk membuat segmentasi pelangga. Karena dari situ kamu akan mudah membuat terobosan baru yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. 

Jika 80 persen pelangganmu memiliki usia berkisar antara 18-25 tahun yang termasuk generasi millenial, kamu bisa mulai memikirkan banyak hal yang disukai oleh mereka, seperti membuat email marketing tentang 5 resto yang instagramble atau  interior cafe yang cocok buat foto-foto.

Jadi jawabannya adalah email marketing sangat baik untuk kelangsungan bisnimu. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kamu mengemas email marketing menjadi sesuatu yang dinginkan dan bermanfaat bagi para pelangganmu.