Mohon tunggu...
Hidayat
Hidayat Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar

Sepatutnya kita harus selalu belajar dalam hal apapun

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

UMG Gelar Pameran Produk Hasil Kegiatan P2MW dan IWDM Pada KMI Expo XIII 2022

28 November 2022   16:45 Diperbarui: 28 November 2022   16:47 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Suasana Stand UMG di Expo 

Menjadi seorang entrepreneur harus ditanamkan sejak dini, baik itu dari sekolah tingkat dasar, menengah, atas hingga perguruan tinggi.

Melalui Program Pembinaan wirausaha Mahasiswa (P2MW) dan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM), Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) wujudkan salah satu visi misi berkaitan dengan entrepreneurship.

Kedua kegiatan tersebut merupakan program dari Kemendikbud yang mana diluncurkan sejak pertengahan tahun 2022, dan berkahir pada akhir tahun 2022. Proses nya pun bertahap mulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman lolos seleksi, kemudian proses inkubasi bisnis bagi yang lolos, hingga dipuncak terakhir terdapat pameran secara besar besaran.

UMG sendiri berhasil lolos dengan hasil yang baik, sehingga mampu menorehkan prestasi dengan rincian 3 usulan proposal lolos inkubasi untuk program P2MW dan 1 usulan proposal lolos untuk program IWDM.

Data yang lolos untuk P2MW adalah Furneshthetic, sekilas inovasi pada produk furniture dan hiasan dinding dari bahan bekas maupun dari bahan lainnya, dengan dosen pembimbing Hidayat, S.T.M.Eng. dengan ketua mahasiswa dari prodi teknik industri Alifia Safira R. Selanjutnya ada Handtech Jagung, sekilas solusi teknologi tepat guna untuk pengupas jagung yang ramah lingkungan, dengan pembimbing Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd. dengan ketua mahasiswa dari prodi teknik industri M.Ridwan Nuruddi Caesareno Aeronic. Kemudian ada inovasi Pengolahan lele menjadi lebih bernilai, dengan pembimbing Rini Puji Astuti, S.T.M.T., dengan ketua mahasiswa Seno Lutfi Fidiantoro dari prodi teknik Elektro.

Pada kegiatan kali ini adalah Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2022 yang diadakan oleh panitia dari P2MW dan IWDM dalam ajang pameran produk inovasi dan juga pemberian Award atau hadiah bagi para mahasiswa penerima hibah yang terpilih dalam nominasi.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 22-25 November 2022 di UPN Veteran Jawa Timur. Diikuti oleh sekitar 400 stand pameran produk yang terdiri dari mahasiswa lolos dalah Hibah kegiatan P2MW dan IWDM pada sebaran perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun