Mohon tunggu...
Hery Sinaga
Hery Sinaga Mohon Tunggu... Administrasi - Abdi Negara dan Masyarakat

Pahit atau manis, di telan aja.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Cegah Pemborosan, Begini Kiat Menghemat Biaya Bulanan yang Efektif dan Efisien

21 September 2021   16:10 Diperbarui: 22 September 2021   18:00 547 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cegah Pemborosan, Begini Kiat Menghemat Biaya Bulanan yang Efektif dan Efisien
Tips menghemat gaji bulanan | Sumber: Shutterstock via money.kompas.com

Pengelolaan keuangan penting untuk dilakukan, tidak hanya dalam sebuah organisasi perusahaan namun pengelolaan keuangan dalam lingkup yang lebih kecil, yaitu keluarga juga sangat-sangat penting untuk benar-benar diperhatikan efektivitasnya. 

Apalagi di situasi pandemi saat ini yang dapat membawa dampak terhadap keuangan atau penghasilan pekerja lepas, serabutan, maupun pedagang dan profesi yang tidak memiliki gaji bulanan.

Setiap keluarga pasti punya yang namanya kebutuhan rutin setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan yang akan diambil dari penghasilan yang diterima sebagai imbalan dari sebuah pekerjaan yang dilakukan, terlepas bekerja sebagai apa dan di mana.

Besaran biaya bulanan setiap keluarga atau setiap orang tentunya pasti berbeda-beda. 

Banyak hal memang yang membuat besaran setiap keluarga itu berbeda-beda, bisa karena faktor standar gaya hidup yang berbeda, pilihan akan kebutuhan makanan yang berbeda pula, atau mungkin sedikit sikap cuek yang tidak terlalu peduli dengan uang yang dikeluarkan hanya untuk sakadar memenuhi kebutuhan baik itu makan, jajan, hangout dan hal lainnya.

Lingkup Kecil Biaya Kebutuhan Bulanan

Berbicara biaya kebutuhan bulanan, ada kebutuhan wajib yang kudu dan harus kita sediakan dan penuhi. 

Misalnya kebutuhan dapur atau lauk pauk seperti beras, ikan, sayur, minyak goreng, cabai, bawang, tomat. Bisa juga kebutuhan sabun mandi, odol, detergen, sampo.

Belum lagi biaya listrik, air, tv kabel, internet tergantung dari besar kapasitasnya, minuman isi ulang, biaya tabung LPG untuk memasak.

Itu semua merupakan kebutuhan wajib yang tentunya memaksa kita harus mengeluarkan sejumlah uang dari tabungan penghasilan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan